Warga Ciamis sedang melihat pengumuman Gas 3 kg di salah satu pangkalan yang mengalami kekosongan | Foto : Tantan
Warga Ciamis sedang melihat pengumuman Gas 3 kg di salah satu pangkalan yang mengalami kekosongan | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Kelangkaan gas LPG 3 kg sudah dirasakan masyarakat Kabupaten Ciamis sejak dua pekan lalu. Hampir seluruh pangkalan khususnya yang ada di Wilayah Kecamatan Ciamis dibuat kewalahan oleh permintaan konsumen. Hal itu dibenarkan oleh salah satu pegawai Pangkalan Gas yang terletak di Jl. Rumah Sakit bernama Nun. Saat ditemui, Senin (29/8), Ia mengaku bingung menghadapi konsumen yang menginginkan kebagian gas.

Menurutnya, pasokan gas dari Pertamina dalam setiap pengiriman sebanyak 100 tabung, itu dalam kurun waktu dua hari sekali dan selalu habis dalam satu jam. “Namun. Meski sebanyak itu belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dikarenakan sudah ada standarisasi dari pihak Pertamina,” ujarnya.

Dirinya menduga, kelangkaan pasokan gas saat ini disebabkan oleh salah satu agen di Ciamis yang mendapatkan sanksi dari Pertamina. “Memang ada salah satu agen LPG yang mendapat sanksi dari pertamina, jadi pasokan gas kepada agen tersebut tidak dikirim untuk sementara waktu. Pangkalan lain pasti bingung, sehingga pangkalan yang telah berlangganan dengan agen itu harus mencari gas ke agen yang lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pengguna gas LPG 3 kg asal Sadananya, Anwar menuturkan, kesulitan untuk mendapatkan gas sudah dirasakan dari sejak pasca Idul Fitri. Setiap harinya bisa membeli ke pangkalan sebanyak 10 sampai 20 tabung. “Sejak sulitnya mendapatkan pasokan gas, terpaksa tiap hari Saya harus bolak-balik ke sini serta sebagian besar masyarakat Sadananya beralih pada kayu bakar,” ucapnya.

Ia mengharapkan khususnua kepada Pemerintah pusat maupun daerah agar berperan aktif untuk mengawasi setiap agen karena tidak menutup kemungkinan ada yang berbuat menyimpang. “Jangan sampai masyarakat dibuat geram dengan kelangkaan gas ini dan yang Saya takutkan ada hal-hal tidak diinginkan merusak kenyamanan Ciamis akibat kelangkaan gas ini,” tandasnya.

Laporan: Tantan

Facebook Comments