Gelar Kegiatan Kespro, H. Wawan: Masyarakat harus Tahu yang Sebenarnya

 2,106 total views

Kegiatan Promosi Kespro di Dinas PMNDPAKAB Kab. Tasikmalaya / Seda
Kegiatan Promosi Kespro di Dinas PMDPAKB Kab. Tasikmalaya / Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Senin (13/03), digelar Kegiatan Promosi Kesehatan Reproduksi (Kespro) di Aula Kantor Dinas PMDPAKB Kabupaten Tasikmalaya dengan diikuti para kelompok kegiatan, mulai dari BKB, BKR, BKL, UPPKS, PPKS serta PIK/R dan dibuka Kepala Dinas H. Wawan. R Effendy.

Saat membuka, H. Wawan mengatakan, sosialisasi tersebut untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya dan cara menjaga serta merawat organ-organ reproduksi dengan baik dan benar. ”Organ reproduksi manusia memiliki fungsi yang banyak dan berbeda, maka perlu perawatan yang benar agar tetap sehat dan sesuai dengan fungsinya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, masyarakat terutama para orang tua perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar pengenalan terhadap anak-anaknya sesuai dengan yang sebenarnya. ”Pengenalan organ reproduksi kepada anak harus dimulai sejak dini, sehingga anak-anak dapat mengetahui dan bisa menjaga dengan baik dan benar,” jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Barat, Mia Wahyuni selaku pemateri mengungkapkan, pihaknya menginginkajn agar para kader di Poktan bisa lebih meningkatkan pengetahuannya. ”Kader yang masuk dalam Poktan (kelompok kegiatan) mampu melakukan promosi issue-issue kesehatan reproduksi dan hak reproduksi, juga melakukan konseling yang ada di sekitar lingkungannya,” ujar Mia.

Dituturkannya, Poktan sebagai ujung tombak pemberi informasi pertama di masyarakat, sehingga pemahamannya perlu ditingkatkan. ”Poktan harus berkembang ilmunya, sehingga kalau ada permasalahan tentang reproduksi di masyarakat, mereka bisa menyelesaikan,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts