Gelar Koordinasi, GMBI Tegaskan Bebas Miras dan Narkoba

 1,375 total views,  2 views today

Rapat koordinasi LSM GMBI Distrik Kota Tasikmalaya, Jum'at (7/10) | Asron
Rapat koordinasi LSM GMBI Distrik Kota Tasikmalaya, Jum’at (7/10) | Asron

Kota, Wartatasik.com – LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi di Aula Kelurahan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi, Jum’at (7/10) tadi siang. Pertemuan dihadiri oleh para pengurus dan perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dari seluruh wilayah kecamatan. Dalam kesempatan tersebut, Ketua LSM GMBI Distrik Kota Tasik Dede Sukmajaya mengatakan bahwa rapatnya itu untuk menegaskan kembali kepada semua pengurus dan anggotanya mengenai syarat mutlak keanggotaan GMBI harus bersih dan bebas dari pengaruh juga penggunaan minuman keras (Miras) maupun narkoba.

Pengurus dan anggota perwakilan KSM LSM GMBI Distrik Kotta Tasikmalaya
Pengurus dan anggota perwakilan KSM LSM GMBI Distrik Kota Tasikmalaya

Ia mengungkapkan, persyaratan tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga atau AD/ART Pasal 12 tentang etika dan tercantum juga di dalam fakta integritas setiap anggotanya yang bergabung ke dalam organisasinya. “Jelas, lembaga kami sangat melarang keras kepada semua pengurus baik anggota untuk terlibat atau mengkonsumsi minuman beralkohol dan narkoba yang bisa mempengaruhi untuk berbuat hal negatif juga kemaksiatan,” tegasnya.

Dede mengatakan, jika ada pengurus maupun anggotannya yang kedapatan menggunakan barang haram itu maka pihaknya tidak akan mentolerir dengan tidak pandang bulu untuk langsung memecatnya tanpa alasan dan prosedur apapun. “Karena sudah jelas, hal tersebut bisa merusak baik dirinya sendiri ataupun secara kelembagaan. Prinsip kami sebaik-baiknya manusia adalah yang bermafaat bagi manusia lainnya. Jadi, sebelum bertindak memperbaiki orang lain maka perbaiki dulu diri atau lembaga sendiri,” ujar Ia.

Diterangkannya, rapat koosdinasi sudah sering dilakukan oleh lembaga kontrolnya itu minimal dalam kurun waktu enam bulan sekali sebagai upaya penegasan juga evaluasi untuk lebih baik kedepan. “Nanti, materi rapat ini akan disampaikan oleh masing-masing perwakilan KSM kepada semua anggotanya di masing-masing wilayah kecamatan. Sampai sekarang ini, anggota kami yang aktif ada sekitar 150 orang. Untuk itu, dengan gelar koordinasi ini kami harap semua anggota bisa memahami juga melaksanakan apa yang sudah menjadi ketentuan dalam lembaga ini,” tandasnya.

Laporan: Indra/Asron

Related posts