Gelar Sosialisasi Aneka Ragam Konsumsi Pangan Lokal, DKP Serahkan Ribuan Bibit Cabai

 1,069 total views

Penyerahan bibit cabai secara simbolis kepada Ibu Walikota Hj. Eti Budiman / Dok
Penyerahan bibit cabai secara simbolis kepada Ibu Walikota Hj. Eti Budiman / Dok

Kota, Wartatasik.com – Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya menggelar Sosialisasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Lokal di Gedung Galih Prawestri, Senin (20/03).  Kegiatan tersebut dilakukan guna memenuhi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Acara dihadiri Hj. Eti Budiman. Peserta dari PKK dan KWT. Pada kesempatan itu, Kabid. Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ucu Anwar Surahman mengatakan sosialisasi untuk mengajak para kader PKK dan Komunitas Wanita Tani (KWT) agar senantiasa berperan aktif dalam memilih dan memilah serta mengolah pangan yang bisa menjadi bahan alternatif kebutuhan konsumsi sehari-hari,.

“Misal, kita bisa mengganti nasi dengan singkong. Meski kandungan karbohidratnya lebih rendah namun nuansa makannya sama, dapat mengenyangkan,” papar Ucu. Ia menambahkan, untuk memenuhi pangan B2SA, masyarakat dituntut untuk memilih dan memilah makanan yang aman di konsumsi, “Cara memililih gizi yang berimbang, salah-satunya kurangi makanan cepat saji atau fast food, kenali dan tips mengolah makanan, baik buah-buahan maupun sayuran,” katanya.

Dalam kesempatan itu, diacarakan pula penyerahan 2000 bibit cabai kepada PKK dan KWT. Bibit diserahkan oleh Kadis DKP Rachmat Mahmuda SE, kepada Ibu Walikota sebelum diserahkan kepada peserta. “Nantinya akan ditanam di wilayahnya masing-masing. Program ini dinamakan Gertam atau gerakan tanam cabai,” singkatnya.

Laporan: Asron/Indra

Related posts