Gelombang Kedua, Dinkes Kota Lakukan Pengukuran Kebugaran Calhaj

 1,871 total views

Pengukuran tekanan darah / dok

Kota, Wartatasik.com – Pengukuran kebugaran merupakan salah satu tahapan dalam rangkaian pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji yang dilakukan di seluruh Puskesmas. Di tahun ini, calon jamaah haji dari 8 Puskesmas dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yang dipusatkan di Kawasan Olahraga Dadaha. Kegiatan pengukuran kebugaran gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2017 lalu dengan jumlah peserta 117 orang.

Sementara, di gelombang kedua pada tanggal 13 Mei 2017 diikuti oleh 99 peserta. Proses pengukuran diawali dengan pendaftaran, pengukuran tekanan darah dan nadi, penjelasan test, pemanasan, dilanjutkan dengan lari sejauh 1600 meter dan diakhiri dengan pengukuran kembali tekanan darah dan konsultasi terkait aktifitas fisik dan olahraga yang sebaiknya dilakukan oleh calon jamaah haji selama menunggu keberangkatan.

Test lari atau jalan dipilih mengingat aktifitas ibadah haji di tanah suci. Peserta yang diukur kebugarannya adalah mereka yang memenuhi syarat usia di bawah 70 tahun dan tidak terindikasi penyakit berat seperti jantung dan paru, kemudian dilakukan PAR-Q test untuk menguji kesiapan peserta melakukan aktifitas fisik. Pengukuran kebugaran sangat penting untuk mengetahui tingkat kebugaran calon jamaah haji agar betul-betul siap menjalani rangkaian ibadah di tanah suci.

Pendaftaran

 

Pemanasan

 

Ditinjau langsung oleh Tim Kesehatan Haji Propinsi Jawa Barat

Laporan: Asron

Related posts