H. Asep Goparullah: e-Pajak untuk Keterbukaan Data Informasi

 2,865 total views

Drs. H. Asep. Goparullah / EQi

Kota, Wartatasik.com – Selepas membuka acara Saresehan Wajib Pajak Daerah di RM Astro, Senin (23/05), Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tasikmalaya Drs. H. Asep Goparullah menerangkan berdasarkan Peraturan Walikota No. 100 Tahun 2016 Tanggal 29 Desember 2016 bahwa Pemerintah Kota Tasikmalaya akan menerapkan Pajak Online untuk empat mata pajak yaitu Parkir, Restoran, Hotel dan Hiburan. Tapi tidak semua wajib pajak hanya beberapa yang belum maksimal dalam penyetorannya.

Dikatakan Ia, untuk tahun 2018 akan diterapkan untuk WP Hotel dan Restauran. “Bagi WP yang sudah sesuai dengan aturan tidak akan dipasang alat. Kedepan, apabila semua sudah berjalan normal semua WP yang diamanatkan Perwalkot Tahun 2016 akan dipasang alat yang sudah disiapkannya,” ujarnya.

Asep menjelaskan, wesin atau Alat e-pajak akan ditempatkan di kasir dan alat tersebut akan mendeteksi atau mencatat secara akurat data yang masuk seperti sebuah Hotel akan diketahui berapa jumlah tamu yang datang dalam setiap hari sehingga pihaknya tidak akan bertanya kepada WP dikarenakan data sudah masuk di e-pajak.

“Maksud dipasang alat e-pajak agar para petugas dengan WP tidak berhubungan, adanya keterbukaan data informasi yang diberikan WP dengan data informasi yang dimiliki pihaknya sehingga tidak saling mencurigai. WP tak usah membayar kepada petugas tapi langsung membayar ke Bank yang sudah ditentukan sehingga kita bisa menjaga akuntabilitas masing masing,” tandasnya, seraya mengharapkan dengan adanya alat tersebut akan meningkatkan serta mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak

Laporan: EQi

Related posts