H. Wawan: Semua Desa Sudah Penuhi Keinginan BPK

 8,080 total views

H. Wawan R Effendy / EQi
H. Wawan R Effendy / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Dalam upaya menyamakan satu persepsi pemahaman pembangunan di desa yang saat ini menjadi primadona karena  mendapatkan bantuan-bantuan dari pusat, provinsi dan daerah, semua lembanga yang ada di desa  dan kecamatan harus mendapatkan pembinaan serta pencerahan agar bentuan-bantuan tepat sasaran dan tidak menimbulkan permasalahan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai aturan yang berlaku.

Disisi lain, sumber daya manusia harus dipersiapkan dalam rangka memiliki kompetensi untuk mengelola dana keuangan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas DPMDPAKB Kab. Tasikmalaya H. Wawan R Effendi usai membuka Pembinaan terhadap LPMD Se-Kabupaten Tasikmalaya, di Pendopo Lama Kamis (06/4), kemarin. Pihaknya berharap, dengan adanya pembinaan baik dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dengan seluruh stakeholder seperti BPD, LPM bisa memahami dan memanfaatkan dana yang diberikan oleh Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

Alhamdulillah responnya sangat baik. Acara pembinaan ini diikuti oleh 39 LPM. Kedepannya akan diikuti oleh seluruh LPM se-Kabupaten Tasikmalaya dengan pencerahan narasumber dari dinas lain,” ungkapnya. Dari hasil evaluasi dinasnya, lanjut Ia, pengalokasian dana desa yang di realisasikan oleh pemerintah desa selama ini sudah cukup baik, tapi masih perlu adanya peningkatan.

Terhitung dari mulai tahun anggaran 2016, terangnya, laporan pertanggung jawaban merupakan satu kesatuan dan desa dianggap SKPD. Itu diminta oleh BPK, manakala desa tidak melaporkan pertanggungjawaban keuangan akan berdampak pada Wajar Tanpa Pengecualian. “Alhamdulillah semua desa telah memenuhi keinginan BPK,” pungkasnya.

Laporan: EQi

Related posts