Hadapi Bulan Ramadhan, Bidang Holtikultura Amankan Cabai Merah

198 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

H. Yayat Sukiyat | Foto : EQi
H. Yayat Sukiyat | Foto : EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Menghadapi bulan Ramadhan tahun ini, Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya dari sekarang mempersiapkan stok kebutuhan Cabai Merah untuk bisa mencukupi kebutuhan masyarakat, terutama untuk di hari raya idul fitri.

Kepala Bidang Hortikultura H. Yayat Sukiyat mengatakan untuk mencukupi kebutuhan Cabai Merah tersebut pihaknya sudah berbenah diri dengan mengatur pola tanam sehingga pada waktunya bisa mencukupi kebutuhan warga. Diterangkannya, peningkatan produktivitas dan stabilitas Cabai Merah tersebar di beberapa wilayah yang luasnya mencapai kurang lebih 100 hektar.

“Wilayah-wilayah yang dijadikan sentra dan pensuplai kebutuhan cabai merah ini antara lain Kecamatan Taraju, Bojong Gambir, Caigalontang, Sodong Hilir, Sariwangi, Leuwisari dan Kadipatean. Meskipun produktivitas tinggi tapi ketersediaan bulanan masih kurang dan belum bisa mencukupi kebutuhan konsumsi,” jelas Ia, Senin (07/03).

Ia mengungkapkan, sampai sekarang jumlah kelompko tani di bidang holtikultura ada 50 kelompok dan sebagian banyaknya sudah berbadan hukum sehingga kegiatan – kegiatan yang bersumber dari APBD 1 dan 2 maupun APBN bisa terserap. “Meskipun alokasi anggaran untuk bidang holtikultura sedikit namun pengalokasiannya tepat sasaran dan tepat area,” tandasnya. EQi

Related posts

Leave a Comment