Hadapi MEA, Bupati Serukan Tingkatkan Ilmu dan Iman

 1,676 total views

Foto: Dok. Humas
Foto: Dok. Humas

Kabupaten, Wartatasik.com – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dengan menambah ilmu pengetahuan dan keimanan dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean [MEA]. “MEA merupakan momentum yang harus kita hadapi dengan berusaha untuk meningkatkan kemampuan di segala bidang. Kita harus menyadari bahwa persaingan semakin ketat, hanya yang memiliki kemampuanlah yang akan bertahan. Sedangkan yang tidak punya kemampuan untuk bersaing akan terpinggirkan oleh orang-orang dari negara lain dengan skill yang baik”.

Hal tersebut disampaikannya pada Peringatan 10 Muharam 1438 Hijriyah yang berlangsung di Alun-Alun Kecamatan Manonjaya, Selasa 11 Oktober 2016.  Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh berbagai kegiatan antara lain Pawai Ta’aruf dan Tabligh Akbar dengan dihadiri oleh seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, tokoh dan masyarakat Manonjaya.

Bupati juga menegaskan, di samping meningkatkan ilmu pengetahuan, Tahun Baru Hijriyah hendaknya dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT salah satunya dengan jalan muhasabah untuk mengevaluasi diri terhadap amal perbuatan yang telah dilakukan. “Tahun Baru Hijriyah dapat kita jadikan bahan evaluasi dan introspeksi diri tentang seberapa jauh ketaatan yang telah kita perbuat selama satu tahun berlalu. Apakah amal saleh dan kebaikan yang telah kita lakukan selama ini lebih banyak daripada keburukan dan kemaksiatan, atau keburukan lebih banyak daripada kabaikan atau masih sebanding antara keduanya.” ujar Bupati.

Dikatakannya, dengan melakukan evaluasi mencermati diri tentu akan mengetahui apakah termasuk orang yang beruntung, atau justru menjadi orang yang merugi, jika banyak keburukan yang telah diperbuat maka yang harus dilakukan adalah bertobat kepada Allah SWT yang selanjutnya meninggalkan dan senantiasa bersabar dengan jalan memperbaiki diri melakukan aktivitas kesalehan yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat, agama, nusa dan bangsa.

“Dalam memasuki tahun baru Hijriyah mari kita susun langkah-langkah strategis untuk meraih masa depan yang lebih baik dan gemilang dalam naungan ridlo Allah SWT, dengan melakukan berbagai amal saleh antara lain memperteguh keimanan dan memaknai kehidupan ini dengan penuh nuansa kesalehan dan kebaktian kepada Allah SWT, bekerja dan beramal secara sungguh-sungguh agar diberikan kehidupan yang baik dan sejahtera disertai dengan keyakinan penuh optimisme dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan untuk mencapai sebuah kesuksesan, serta berdoa dan bertawakal merupakan langkah yang paling penting untuk memnyempurnakan usaha yang telah dilakuka,” jelasnya.

Kegiatan menyambut  Tahun Baru Hijriyah khususnya pada tanggal 10 Muharam  merupakan agenda rutin Peringatan Hari Besar Islam Tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang setiap tahunnya dihadiri oleh aparatur pemerintahan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, sampai tingkat Kabupaten, tokoh masyarakat, ulama, dan kelompok masyarakat lainnya. Usai menyampaikan sambutan, Bupati memberikan bantuan sembako kepada 240 anak yatim piatu dan jompo yang berdomisili di Kecamatan Manonjaya.

Laporan: EQi

Related posts