Harga Bawang Merah Bisa Dibawah Rp 30 Ribu, Asal..

 512 total views,  2 views today

net
net

Nasional, Wartatasik.com – Meski bisa dikatakan swasembada produksi, bawang merah selalu jadi polemik lantaran harganya yang sangat fluktuatif. Saat ini, harga bawang merah di beberapa pasar di Jakarta umumnya dibanderol seharga Rp 43.000/kg. Sekretaris Jenderal Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Ikhwan Arif mengatakan, harga bawang merah sebenarnya bisa ditekan lebih murah di tingkat petani, jika pemerintah menyediakan bibit yang lebih murah. “Harga bibit bawang yang bagus di Brebes sekarang Rp 50.000-60.000/kg. Kalau pemerintah mau bawang harganya murah, sediakan bibit yang murah buat petani,” ujarnya, Minggu (11/9).

Menurut Ikhwan, bibit bawang merah lumrahnya menyumbang 40-50% dari ongkos tanam petani bawang merah. Sehingga, jika ada bibit bawang bisa tersedia dengan harga murah, harga bawang yang dijual petani bisa ditekan sangat signifikan. “Bawang merah di Jakarta selalu di atas Rp 40.000kg, itu wajar karena di petani harga bawang basah di Brebes sudah Rp 27.000/kg. Bawang di pedagang eceran paling mahal bisa Rp 30.000/kg, itu paling mahal loh,” ungkap Ikhwan.

“Artinya bisa di bawah Rp 30.000/kg di eceran. Tapi ada syaratnya, kalau harga bibit murah,” imbuh petani bawang asal Desa Jatirokeh, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini. Sementara itu, petani bawang merah asal Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Imam Mashudi mengungkapkan, harga bibit bawang merah di daerahnya saat ini dijual Rp 32.000/kg. “Idealnya harga bibit bawang merah Rp 20.000/kg. Itu sangat membantu petani. Bulog juga impor bibit bawang merah, tapi harganya lebih mahal, belinya di gudang Bulog Rp 32.000/kg,” tutur Imam.

Sumber: detik.com

Related posts