Harga Naik Hingga 35 Persen, Omzet Pedagang Sapi di Ciamis Turun Drastis

 5,391 total views

Salah seorang pegawai saat memberikan pakan sapi siap jual pada Hari Raya Idul Adha | Foto : Tantan
Salah seorang pegawai saat memberikan pakan sapi siap jual pada Hari Raya Idul Adha | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Para Pedagang Sapi di Kabupaten Ciamis mengeluh terhadap penjualan hewan kurban di tahun ini. Pasalnya, omzet penjualannya turun drastis dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu Pengusaha Hewan Kurban Pino, Kamis (1/9). Ia menerangkan, semua jenis hewan kurban khususnya harga Sapi di Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan dari semua jenis yang diantaranya Sapi Lokal, Brahman, Simental dan Limosin. “Tahun sekarang semua harga jenis sapi naik. Saya kira bukan naik tetapi berubah harga,” katanya saat ditemui di Pujaseda Jalan Jendral Sudirman.

Pino mengatakan, sebelumnya harga sapi di tahun 2015 untuk Sapi Lokal dan Sapi Brahman sebesar 15 sampai 25 juta rupiah per ekor, sementara itu harga Sapi Import Simental dan Sapi Limosin m25 sampai 35 juta rupiah per ekornya. “Namun di tahun sekarang mengalami kenaikan hingga mencapai 20-35% per ekornya,” ujarnya.

Ia menambahkan, menjelang Hari Raya Idul Adha saat ini, kenaikan harga sapi mencapai 1 sampai 2 juta rupaiah dalam per minggunya. “Jadi harga sapi pada tahun ini untuk Sapi Lokal dan Sapi Brahman mencapai Rp 17.500-30 juta per ekor dan untuk Sapi Simental dan Sapi Limosin Rp 25-35 juta per ekor,” jelasnya. Dari dampak kenaikan harga tersebut, untuk tahun ini pihaknya tidak menyediakan sapi import. “Saya tidak menyediakan karena selain harganya melambung tinggi, pasca Idul Adha harga sapi import bisa turun drastis,” tegasnya.

Laporan: Tantan

Related posts