Hari Ini, Kemenhub Gelar Ramp Check Gelombang 2 di Terminal Type A Indihiang Kota Tasik

 1,150 total views,  9 views today

PPNS Dit. Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI Drs. Hasan Bisri | asron

Kota, Wartatasik.com – Kegiatan pemeriksaan kendaraan (Ramp Check) kembali digelar Kementerian Perhubungan RI bersama Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) DPD Jabar di Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya, Selasa (06/06) tadi siang.

Kegiatan tersebut merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada Tanggal 2-5 Juni 2017, kemarin. Saat ditemui, Koordinator Ramp Check Terminal type A Indihiang Kota Tasikmalaya yang juga selaku PPNS Dit. Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI Drs. Hasan Bisri mengungkapkan, kegiatan gelombang kedua dilaksanakan mulai Pukul 13.00 WIB. Pemeriksaaan, katanya, khusus untuk Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk memimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas dalam angkutan lebaran tahun ini.

“Sejak mulai tadi, kami sudah memeriksa sekitar 15 kendaraan dengan jumlah kendaraan yang ditilang sebanyak 4 bus yang diantaranya melanggar atau melakukan penyimpangan trayek yang harusnya trayek pariwisata digunakan kendaraan angkutan umum (Regular). Selain itu, pelanggaran dari segi administrasi ata dokumen kendaraan. Adapun mengenai teknis rata-rata sudah sesuai namun masih ada diantaranya yang harus diperbaiki seperti kaca pacah dan beberapa lainnya,” ujar Hasan.

Bagi kendaraan yang telah memenuhi syarat laik jalan, lanjut Ia, diberi atau ditempel stiker sebagai tanda sudah melalui pengecekan dan laik beroperasional. “Jika dilihat kondisi lapangan dan jumlah pelanggaran di Terminal Tasik ini mulai dari gelombang pertama sampai hari ini termasuk ke tingkat sedang. Karena, rata-rata dari beberapa tempat yang sudah kita ramp check jumlah pelanggarannya sekitar 20-30 persen dari total kendaraan yang diperiksa,” jelasnya.

Untuk Ramp Check lebaran tahun ini pihaknya mempunyai motto yakni Selamat di Asal, Selamat di Perjalanan dan Selamat di Tujuan. Dengan demikian, Ia berharap upayanya itu bisa menunjang tingkat keselamatan penumpang lebaran di tahun ini. “Ramp check angkutan lebaran merupakan kegiatan insidentil yang nantinya akan terus dilakukan oleh pihak Terminal masing-masing. Kami harap tidak ada insiden kecelakaan untuk lebaran tahun ini,” tandas Hasan.

Sementara itu, Penyidik LLAJ Benben Buntaran kepada Crew Media Online Wartatasik.com menerangkan, bahwa pemeriksaan tersebut dibantu oleh Tenaga Penguji dari Dishub Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar untuk melaksanakan pemeriksaan teknis. “Itu dilakukan guna membangun kebersamaan sesuai intruksi dari Ketua IPKBI,” singkatnya.

Nampak tim penguji tengah mencabuti stiker trayek salah satu bus.

Laporan: Asron/Indra

Related posts