Hari Kedua Pemantapan Jurnalistik FWT, Pemateri Jelaskan Kriteria Kewartawanan

 1,753 total views

Hari kedua kegiata Pelatihan Pemantapan Jurnalistik yang digelar FWT di Gedung LPSE, Sabtu (06/02) | Foto : Indra
Hari kedua kegiatan Pelatihan Pemantapan Jurnalistik yang digelar FWT di Gedung LPSE Kota Tadikmalaya, Sabtu (06/02) | Foto : Indra

Kota, Wartatasik.com – Sabtu (06/02) atau hari ini, sebagai hari kedua Forum Wartawan Tasikmalaya melangsungkan kegiatan Pelatihan Pemantapan Jurnalistik di Gedung LPSE Kota Tasikmalaya. Semua peserta yang terdiri dari para jurnalis di berbagai media cetak, elektronik dan online terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua FWT sekaligus salah satu pemateri Apang Sofyan memaparkan beberapa materi kejurnalistikan diantaranya mengenai modal yang harus dimiliki setiap wartawan untuk dan dalam menjalankan tugasnya yakni memahami dan mematuhi kode etik wartawan indonesia dan undang -undang tentang pers.

“Selain itu, wartawan juga memiliki beberapa kriteria yaitu harus punya legalitas yang jelas dari perusahan pers berbadan hukum sesuai aturan yang berlaku, memiliki surat tugas dari redaksi, kartu pers, memahami ilmu jurnalistik, rendah hati atau tidak sombong, berpenampilan dan bertutur kata yang sopan, berperilaku baik dan beretika serta bersahabat dengan siapapun,” jelasnya.

Disamping itu, Ia juga menerangkan, tentang tata cara mencari dan membuat berita yang benar dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan jurnalistik yakni bermodalkan 5W 1H (What, Who, When, Where, Why, How), membekal perlengkapan atau alat peliputan seperti kamera dan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

“Sedangkan, mengenai pengertian berita adalah hasil dari kegiatan jurnalistik yang diolah dan dimuat atau disajikan di media untuk di dibaca oleh masyarakat sehingga pembaca mendapat makna dan pengetahuan dari berita yang disuguhkan tersebut. Penjelasan berita sendiri terdiri dari judul, lead dan isi pemberitaan,” tandasnya. Indra/Asron

Related posts

Leave a Comment