Hj. Leli: Buatlah IMB Sebelum Membangun

 612 total views,  2 views today

Hj. Leli Yulita ST / Asron
Hj. Leli Yulita ST / Asron

Kota, Wartatasik.com – Sedikitnya ada 12 surat teguran yang dilayangkan Bidang Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tasikmalaya semenjak awal tahun 2017 hingga saat ini. “Namun, Alhamdulillah dalam melayangkan surat teguran tersebut, kami tidak membuat surat kedua apalagi sampai tiga teguran. Ini menandakan resfect dari masyarakat tinggi,” papar Kasi. Wasdal Bidang Tata Bangunan Hj. Leli Yulita ST., Kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Selasa (18/04).

Tidak hanya teguran, lanjut Leli, pihaknya pun seringkali menerima keluhan atau pengaduan dari masyarakat terkait pembangunan yang diduga tidak menempuh prosedur. “Rata-rata jumlah keluhan yang kami terima, tiga sampai lima pengaduan perbulannya. Ini semua ditampung dan selanjutnya kami koordinasikan dengan bidang lain karena barangkali keluhan dan pengaduan masyarakat ada keterkaitannya dengan bidang lain, sehingga kami bisa mengeluarkan teguran jika ada unsur pelanggaran dalam satu pembangunan,” tambahnya.

Ia menambahkan, pihaknya selalu intens melakukan cross check ke lapangan jika ada pengaduan dari masyarakat atau bahkan tak jarang memberikan himbauan agar membuat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB sebelum melaksanakan pembangunan. “Andaipun sudah ada IMB, kami tetap menyurvei ke lapangan untuk mengetahui kondisi pelaksanaannya apakah sesuai izin dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kami menghimbau agar masyarakat membuat IMB sebelum membangun serta adanya peran aktif dari pemerintah setempat seperti, kecamatan, kelurahan ataupun tingkat RW, RT agar bersama-sama menyampaikan himbauan untuk menempuh izin dulu sebelum mendirikan satu bangunan,” pungkasnya.

Laporan: Asron/Indra

Related posts