Iing: SDM Petani Harus Sebanding dengan Program Pemerintah

 1,424 total views

Bupati Ciamis beserta jajaran saat meninjual kolam ikan BBI |+ Foto : Tantan
Bupati Ciamis beserta jajaran saat meninjau kolam ikan BBI | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin meghadiri acara mimbar sarasehan bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemitraan antara lembaga tani dan pemerintah di Aula Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Ciamis, Senin (8/8).

Pada kesempatan itu, Bupati Iing menerangkan, kegiatan tersebut merupakan pekerjaan yang harus dilaksanakan terutama pemahaman tentang pertanian yang harus dibesarkan. “Pada kesempatan ini saya juga akan menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah bahwa pemerintah saat ini sangat konsten dan respon terhadap bidang pertanian,” kata Ia.

Pihaknya juga peduli kepada bidang Perkebunan, Perikanan serta Ketahanan Pangan, termasuk di dalamnya Agrobisnis. “Pemerintah daerah sangat merespon sekali. Saya sering melihat bantuan-batuan pemerintah khususnya kepada para petani, ini sangat luar biasa. Kita menilai harus dibarengi dengan kegitan seperti ini,” ujarnya.

Menurut Iing, untuk program ketahanan pangan, pemerintah sendiri tidak ada batasan anggaran. “Menyangkut masalah ketahanan pangan, ketika diminta batuannya pasti pemerintah pusat langsung memberikan bantuan apa yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan, perhatian dari pemerintah juga fokus terhadap sektor teknologi untuk mendorong keperluan para petani. “Alat dan sarana yang di bantu, kalau tidak sebanding dengan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya tentu akan sia-sia. Saya mengharapkan para petani juga harus lebih mandiri dalam menjalankan program-program pertanian.” tegasnya. Tantan

Related posts