Iis: Ayo..Biasakan Cuci Tangan dengan Baik dan Benar!

 1,671 total views

Perawat Sanitasi RS JK Iis Sukaesih saat memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar | Foto : Asron
Perawat Sanitasi RS JK Iis Sukaesih saat memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar | Foto : Asron

Kota, Wartatasik.com – Perawat Sanitasi RS Jasa Kartini Tasikmalaya Iis Sukaesih memperagakan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut ketentuan kesehatan kepada para pengunjung di Posko Kesehatan RS Jasa Kartini dalam rangka mengkampanyekan Kebersihan Tangan atau Hand Hygiene di Area Car Free Day, Minggu (21/02) pagi tadi.

“Kebersihan tangan adalah suatu prosedur tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun antiseptic dibawah air mengalir atau dengan menggunakan handrub berbasis alkohol,” katanya kepada Crew Media Online Wartatasik.com.

Ia menerangkan, perlunya menjaga kebersihan tangan karena tangan merupakan media transimis kuman pathogen, sumber penularan penyakit dari seseorang kepada orang lain. “Untuk itu, kita perlu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar” tambahnya

Dijelaskan Iis, ada enam langkah cara mencuci tangan yang baik diantaranya gosokan sabun pada kedua telapak, punggung dan sela-sela jari tangan. Lalu, gosok kedua telapak tangan dan disela-sela jari kedua tangan tersebut.

“Selanjutnya, gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci, gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan, lakukan juga pada tangan satunya. Terakhir, usapkan ujung kukuk tangan kanan dengan diputar di telapak tangan kiri, lakukan juga pada tangan satunya kemudian bilas,” jelasnya.

“Tangan kita merupakan pusat kuman penyakit, jadi segeralah cuci tangan ketika saat bersalaman, memegang pintu kamar kecil, menyentuh benda yang mengandung kuman, sehabis buang air kecil, atau buang air besar serta menyentuh segala sesuatu yang banyak orang seperti memegang uang dan lainnya,” pesannya. Asron/Indra

 

 

Related posts

Leave a Comment