Investor Pelabuhan di Tasik Selatan Akan Gelontorkan 1,3 Trilyun

 2,131 total views

H. Henry Nugroho saat menyampaikan sambutan di hadapan delegasi Pemerintah Oman / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Dihadapan perwakilan delegasi Pemerintah Oman, Rabu (08/11/2017), Kepala BAPPEDA Kabupaten Tasikmalaya H. Henry Nugroho memaparkan geografis daerah Kab. Tasik yang memiliki 881 Hektar dengan terbagi 39 Kecamatan serta 351 Desa. Memiliki panjang pantai 52.2 Km.

Terkait adanya rencana pembangunan Pelabuhan di Cikalong oleh Pemerintah Kerajaam Oman, pihaknya akan memasukkan ke dalam RTRW di tahun 2018. Titik yang akan dijadikan Pelabuhan ada dua lokasi, yaitu Muara Sungai Cimedang yang berada di Desa Kalapa Genep dan Desa Sindangjaya Kecamatan Cikalong. Sementara, satu titik lagi di blok Pangkalan Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong.

[sc name=”iklanadsense2″]

“Lokasi tersebut masih dalam kajian kelayakan atau Feasibility Study (FS) sehingga nantinya akan menentukan lokasi yang paling tepat untuk dijadikan Pelabuhan. Sungai Cimedang, merupakan muara yang akan dijadikan Pelabuhan dan berhadapan dengan Laut Lepas yang akan dijadikan pintu masuk Pelabuhan,” jelasnya.

Menurut rencana, lanjutnya, setelah kepulangan para delegasi tim teknis tersebut, para pimpinan Pemerintah Oman akan kembali datang ke Kabupaten Tasikmalaya untuk mengadakan MoU. “MoU ini direncanakan pada bulan ini,  yaitu sekitar tanggal 17 sampai 19 November. Mulai dari FS, investor pembangunan pelabuhan ini akan mengeluarkan dana sebesar Rp 1,3 triliyun,” pungkasnya. EQi

Related posts