Jaringan Ngamuk Sendat Pelayanan e-KTP

 1,654 total views

H. Imih M Munir
H. Imih M Munir

Kota, Wartatasik.com – Kendati blangko e-KTP sudah tersedia sebanyak lima ribu keping sejak Hari Selasa kemarin, namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya belum bisa mempergunakannya untuk melayani pembuatan kartu identitas penduduk tersebut mengingat tengah adanya gangguan teknis dalam perangkat jaringan atau server dari pusat.

Ketika ditemui Crew Media Online Wartatasik.com, Kamis (27/08) tadi siang, Kepala Dinas H. Imih M Munir mengungkapkan, pihaknya tak bisa memastikan sejak dan sampai kapan gangguan itu terjadi serta hanya bisa menunggu sampai upaya perbaikannya selesai untuk mempergunakan blangko yang ada. Sementara ini, kata Ia, para pemohon pembuatan e-KTP diberi pengganti berupa surat keterangan sementara. “Selain memperlancar pelayanan, surat keterangan sementara itu memiliki fungsi yang sama dengan e-KTP untuk dipergunakan sebagaimana mestinya,” ujar Imih.

Ia menjelaskan, secara estimasi kebutuhan blangko di Kota Tasikmalaya untuk tahun ini mencapai 30 ribu keping, namun hingga kini pihaknya baru menerima dan menggunakannya sekitar 14 ribu termasuk yang lima ribu keping tersebut. “Kalau dihitung jumlah warga yang belum punya e-KTP ada dikisaran 45 ribuan. Itu berikut para pemula atau usia yang baru menginjak 17 tahun. Maka, dengan jumlah yang lima ribu ini kita hanya bisa melayani sekitar 10 persennya saja,” ungkap Ia. Dengan kondisi yang terjadi sekarang ini, paparnya, Disdukcapil tak henti-hentinya berupaya memberi pengertian kepada setiap warga yang datang dengan mengedepankan kondusifitas.

“Karena, gangguan teknis seperti ini bukan hanya di daerah kita saja tapi secara menyeluruh. Artinya, daerah lain juga sama mengalaminya. Untuk itu, kami mengharapkan semua warga bisa memahami kondisi ini terutama yang memerlukan pelayanan kami untuk bisa bersabar sampai perbaikannya selesai,” tandasnya seraya menjelaskan dalam perharinya rata-rata ada sekitar 200 orang warga yang datang membutuhkan pelayanan dinasnya. Indra/Asron

Related posts

Leave a Comment