Jumlah Pendaftar Meningkat, SMAN 1 Pilihan Para Ortu

 3,587 total views

Kepala SMAN 1 Kota Tasikmalaya Drs. H. Pipin Saripin didampingi Bag. Humas Drs. H. Tatang TS | Foto : Seda
Kepala SMAN 1 Kota Tasikmalaya Drs. H. Pipin Saripin didampingi Bag. Humas Drs. H. Tatang TS | Foto : Seda

Kota.Wartatasik.com –  Memasuki masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB ) Tahun Ajaran 2016-2017 untuk tingkat SMA/Sederajat yang dibuka mulai Tanggal 20 sampai 24 Juni tahun ini, para orang tua nampak menyerbu sejumlah sekolah pilihan untuk mendaftarkan anaknya.

Di Kota Tasikmalaya sendiri hingga sekarang ini banyak sekolah atau lembaga pendidikan yang dianggap favorit bagi anak maupun para orang tua sehingga selalu mendominasi pendaftar dalam setiap penerimaan siswa baru. Sekolah-sekolah tersebut diantaranya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5 dan SMA AL-AMuttaqin, SMKN 1, SMKN 2.

Seperti halnya diungkapkan Kepala SMAN 1 Kota Tasikmalaya Drs. H. Pipin Saripin didampingi Bag. Humas Drs. H. Tatang TS, Senin (20/06) mengatakan, dalam setiap pelaksanaan PPDB animo masyarakat untuk mendaftarkan murid ke sekolahnya itu cukup tinggi dan selalu mengalami peningkatan.

Di tahun lalu saja, katanya, jumlah yang mendaftar kurang lebih 650 siswa, sedangkan di tahun sekarang meski di hari pertama pembukaan PPDB sudah mencapai 800 siswa khsusnya melalui sistem online. ”Padahal PPDB tahun ini, kami hanya menerima peserta didik sekitar empat ratus lebih. Sementara, yang sudah mendaftar sudah mencapai dua kali lipat. Tentunya kami sangat bersyukur ternyata sekolah ini masih menjadi pilihan pertama bagi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya,” terang Ia.

Ditambahkannya, PPDB tahun ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya karena proses penerimaannya berdasarkan empat kategori yakni Jalur Cerdas Istimewa (CI), Apresiasi Prestasi, Jalur Formasi dan jalur Akademik. “Jadi prosesnya sangat bersaing dan kita juga menerima peserta didik dari jalur Afirmasi yaitu siswa yang memiliki prestasi akademik namun secara ekonomi dianggap kurang mampu. Kita terima tanpa membayar biaya sepeserpun sampai siswa yang bersangkutan lulus di sekolah ini,” papar Ia.

Sementara, dijelaskannya, PPDB dari jalur CI sudah menerima 32 siswa, Jalur Prestasi 33 siswa, Jalur Formasi 13 siswa, dan sisanya dari jalur Akademik. “Perbandingannya, kuota yang diterima dari total daya tampung yaitu jalur Akademik sebesar 70 persen, Afirmasi 20 persen dan jalur Apresiasi Prestasi 10 persenan,” tandasnya. Seda

 

Related posts

Leave a Comment