Kabupaten Tasik Raih Nilai Tinggi LPPD 2014 dari Kemendagri

 1,434 total views

Foto : DokNet
Foto : DokNet

Kabupaten, Wartatasik.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berhasil meraih predikat sangat tinggi dengan nilai 3,0847 atau peringkat ke-78 dari 395 Kabupaten se-Indonesia dalam penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2014 yang diumumkan Bulan April tahun 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 800-35 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional Tahun 2014.“Pencapaian ini patut disyukuri karena untuk pertama kalinya Kabupaten Tasikmalaya pertama dalam sejarah Kabupaten Tasikmalaya meraih penilaian sangan baik dalam LPPD dari Kementrian Dalam Negeri, ” kata Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum di Pendopo Baru Kabupaten Tasimalaya, Senin 2 Mei 2016.

Menurut Bupati, prestasi ini perlu ditingkatkan dari setiap tahunnya dengan pelaporan yang lebih lengkap ditunjang dengan data yang akuratberdasarkan peningkatkan kinerja beberapa aspek program pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya, mulai dari program pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hingga sektor pariwisata. “Penghargaan dari tingkat provinsi dan pusat yang diterima oleh SKPD juga harus segera dilaporkan ke Bagian Humas Setda Kabupaten Tasikmalaya untuk dijadikan data pendukung  penilaian tahun berikutnya” tandas Bupati. Bupati menjelaskan, meraih prestasi tersebut dinilai tidak mudah, karena harus melalui tahapan yang harus dilaksanakan, yakni ada beberapa urusan pemerintahan yang diperiksa oleh Kementrian Dalam Negeri dengan indikator yang telah ditetapkan. “Semua yang diperiksa sesuai dengan dokumen yang diserahkan masing-masing Kabupaten/Kota, termasuk untuk Kabupaten Tasikmalaya’ jelas Bupati.

Ia berharap, penghargaan yang diraih Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tersebut diharapkan memacu seluruh komponen pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk terus melayani dan menyelenggarakan pemerintahan dengan lebih baik.Ia berpendapat, pelayanan  birokrasi Pemerintah Kabupaten Tasikmalya harus didukung jajaran pejabat dan pegawai yang mampu melakukan pelayanan prima.Karena itu, seluruh elemen pemerintah diharapkan bisa menjalankan program kerja demi kepentingan masyarakat. “Penghargaan ini kami dapat berkat kerja sama semua pihak demi kesejahteraan dan  kemakmuran Kabupaten Tasikmalaya untuk kedepannya, kata Bupati.

Untuk meningkatkan prestasi tersebut, banyak cara yang dilakukan, misalnya penyampaian laporan penyelenggaraan pemerintahan harus sesuai dengan kondisi kinerja di lapangan dilengkapi dengan data pendukung termasuk hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Standar Operational Procedure (SOP) dari SKPD yang langsung berhubungan dengan pelayanan publik. “Prestasi tersebut berkat komitmen Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk lebih memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tasikmalaya, drh. H. Budi Utarma W. MM., menambahkan, pencapaian predikat sangat tinggi yang diraih Kabupaten Tasikmalaya masih dapat ditingkatkan dengan jalan memperbaiki kerjasama dari Kepala OPD terutama dalam pemenuhan data pendukung.Selain itu menurutnya, perlu adanya perbaikan regulasi di tingkat Kabupaten Tasikmalaya.“LPPD adalah cerminan dari seluruh birokrasi di Kabupaten Tasikmalaya dalam melaksanakan pelayanan publik” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tasikmalaya. EQi/Humas Setda Kabupaten Tasikmalaya

Related posts

Leave a Comment