Kades Dituntut Profesional, Kreatif dan Inovatif

 4,506 total views

Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin saat menyematkan kartu peserta pelatihan Kepala Desa 2016 | Foto : Tantan
Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin saat menyematkan kartu peserta pelatihan Kepala Desa 2016 | Foto: Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Pelatihan Kepala Desa di kantornya di Jalan Bojong Huni No. 7 Ciamis. Kegiatan tersebut terbagi dua angkatan yakni untuk angkatan pertama dilaksanakan dari Tanggal 18-22 Juli sedangkan angkatan ke dua pada Tanggal 1 Agustus 2016 mendatang.

Saat ditemui, Selasa (19/07), Kepala BKDD H. Tantang, S.Ag., M.Pd., menerangkan, Pelatihan Kepala Desa yang digelarnya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala desa terpilih hasil pilkades serentak agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Peserta pelatihan ini adalah para kepala desa terpilih hasil dari pemilihan kepala desa serentak. Totalnya 76 orang dan per angkatannya sebanyak 38 orang,” jelasnya. Menurut Tatang, pelatihan tersebut bersifat Resedensial Program yaitu peserta pelatihan menginap di asrama.

Tenaga pengajarnya, sambung Ia, yakni para pejabat negara dan pejabat dari organisasi perangkat daerah terkait. ”Mata ajar mencapai 40 jam pelajaran yang meliputi hal-hal peting dan krusial bagi peningkatan kopetensi kepala desa,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin mengungkapkan, keberadaan perangkat desa sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan yang pada dasarnya dimaksudkan untuk lebih mendekatkan dan meningkatkan pemberian pelayanan kepada masyarakat guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan masyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat desa mempunyai peranan penting dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tegas Ia. Oih menambahakan, dengan ditetapkannya UU No. 6 tahun 2014 tentang desa, maka banyak perubahan-perubahan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Kegiatan pemerintahan desa kedepan akan semakin kuat dan komplek. Selanjutnya, dengan dinamika masyarakat sebagai akibat dari hasil pembangunan yang selalu diikuti dengan munculnya tuntutan baru, baik tuntutan berdasarkan kepentingan maupun tuntutan berdasarkan kebutuhan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Lanjut Oih, kepala desa beserta perangkat desa sangat dituntut untuk bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam mengkoordinasikan berbagai tuntutan tersebut. “Seorang kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dituntut untuk lebih profesional, kreatif, dan inovatif sehingga dapat membawa perubahan yang lebih baik terhadap kemajuan desa sebagai seluruh harapan masyarakat pada saat pemilihan kepala desa sebagai bentuk kepercayaan,” ucapnya.

pihaknya mengimbau, kesempatan pelatihan itu dijadikan wahana untuk meningkatkan pengetahuan sebagai penunjang penyelenggaraan pemerintahan desa. “Kemudian menjalankan pemerintahan desa dengan baik dan berpedoman pada aturan yang berlaku, agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak kita harapkan,” pesannya. (Laporan Kontributor/Tantan)

Related posts

Leave a Comment