Kadin Minta Pengembangan Dunia Usaha Diperwalkotkan

 4,494 total views

Deni Yunizar / Seda
Deni Yunizar / Seda

Kota, Wartatasik.com – Dalam acara rapat kerja tingkat kota di Hotel Harmoni, Senin (05/12), Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tasikmalaya Deni Yunizar mengatakan, pihaknya sebagai wadah bagi para pengusaha yang terus berusaha bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk memajukan serta mengembangkan perekonomian daerah agar maju dan lebih baik.

”Kadin tidak bisa berjalan sendiri, tapi perlu dukungan dan sinergitas dengan Pemkot dalam membangun dunia usaha di Wilayah Kota Tasik,” ujarnya. Ia menjelaskan, peran dan fungsi Kadin lebih diarahkan ke pengusaha dengan mengajak seluruh asosiasi yang ada untuk bergabung dan sama-sama memajukan Kadin, tidak sampai terkotak-kotak.

”Pada prinsipnya, tugas Kadin ingin meningkatkan dunia usaha agar maju dan berkembang yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lainnya di luar negeri ,” tegas Ia. Deni mengakui, jumlah pengusaha yang masuk menjadi anggotanya masih sedikit. Pihaknya berharap Peraturan Gubernur (Pergub) No. 108 tahun 2015 tentang pengembangan dunia usaha bisa dijadikan Peraturan Walikota (Perwalkot) sehingga para pengusaha diwajibkan menjadi anggota Kadin.

Sementara itu, anggota Dewan Penasehat Kadin Kota Tasikmalaya H. Syarif Hidayat mengungkapkan, selama ini kiprah dan peran Kadin belum menunjukkan kinerja yang maksimal. Untuk itu, lanjutnya, Kadin harus didorong dan diberdayakan salah satunya dengan menggabungkan semua pengusaha ke dalam wadah tersebut. “Kalau semua masuk menjadi anggota, peran Kadin akan luar biasa,” paparnya.

H. Syarif menambahkan, semua pelaku usaha bisnis maupun industri bisa bergabung karena Kadin sebagai counter pack dari Pemerintah yang saling melengkapi satu sama lain juga saling komplementer antara Kadin dan Pemerintah. “Saya juga mendorong, bahwa Pergub itu bisa diPerwalkotkan agar peran dan kinerja Kadin bisa lebih maksimal,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts