Kec. Purbaratu Juara Umum STQ Tahun Ini

 2,248 total views

Penyerahan trohpy oleh Wslikota kepada Camat Purbaratu sebagai Juara Umum STQ tahun ini | Seda
Penyerahan trohpy oleh Walikota kepada Camat Purbaratu sebagai Juara Umum STQ tahun ini | Seda

Kota, Wartatasik.com – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke V tingkat Kota Tasikmalaya diikuti 112 orang peserta atau kafilah dari 10 wilayah kecamatan. Pada pelaksanaan tahun ini, juara umumnya diraih oleh Kecamatan Purbaratu, disusul peringkat kedua Kecamatan Mangkubumi dan ketiga Kecamatan Cihideung. Setiap pemenang akan dibina oleh LPTQ untuk menjadi wakil pada STQ tingkat jabar.

Di STQ kali ini, ada tiga cabang yang dilombahkan yakni cabang Tilawah dua golongan, cabang hifzil Qur’an lima golongan serta tafsir bahasa arab 1 golongan. Kegiatan yang berlangsung mualai dari Hari Senin 24 oktober 2016 lalu itu akhirnya resmi ditutup oleh Walikota Budi Budiman pada Rabu (26/10) malam. Saat memberikan sambutan, Walikota mengatakan, pembinaan LPTQ disetiap kecamatan harus ditingkatkan, agar menghasilkan kafilah-kafilah yang maju dan memiliki jiwa yang berprestasi dibidang tilawah, hifzil qur’an dan tafsir bahasa arab.

”Pembinaan LPTQ harus lebih ditingkatkan agar kedepannya di setiap kecamatan banyak memiliki kafilah yang berprestasi dalam bidang keagamaan,” ungkapnya. Ia menambahkan, prestasi yang dicapai adalah melalui proses pembinaan yang berkesinambungan alias tidak hanya dilakukan ketika akan mengikuti seleksi.

Budi menegaskan, Pemerintah Kota Tasikmalaya memberikan reward atau penghargaan bagi para kafilah yang memiliki prestasi, khususnya dibidang keagamaan. “Reward yang kita berikan bagi kafilah yang berprestasi dibidang keagamaan seperti MTQ atau STQ berupa masuk sekolah tanpa test ke tingkatan yang lebih tinggi termasuk ke Perguruan Tinggi seperti ke Unsil yang saat ini sudah kita upayakan,” ujarnya.

Sementara, Camat Purbaratu Odang Saepudin mengungkapkan, keberhasilan dalam meraih juara umum pada ajang STQ tahun ini tak lepas dari peran serta seluruh masyarakat Purbaratu. ”Dengan ini, kami ucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas dukungan semua masyarakat Kec. Purbaratu. Sampai akhirnya saat ini kita bisa meraih juara umum. Semoga prestasi ini dapat terus kita pertahankan,” singkatnya.

Laporan: Seda

Related posts