Kegiatan Assessment di Kab. Tasik Minim Pendaftar

 1,931 total views

Ilustrasi / Dok
Ilustrasi / Dok

Kabupaten, Wartatasik.com – Seleksi terbuka para pejabat eselon III untuk promosi jabatan ke eselon II yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya dengan Unpad sepertinya kurang diminati. Pasalnya, dari 183 orang pejabat eselon III, hanya sekian persennya atau 32 pejabat yang ikut dalam seleksi dan siap mengikuti lelang jabatan.

Kabid. Mutasi BKD Kab. Tasikmalaya Asep Nandang (Asnan), saat ditemui di Hotel Santika, Sabtu (08/04) mengatakan, kegiatan assessment menjadi kesempatan bagi pejabat eselon IIIa untuk menaikkan kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil. ”Seleksi uji kompetensi atau assessment ini, guna memilih pejabat dari eselon IIIa untuk dipromosikan naik jabatan eselon II. Karena saat ini, ada lima jabatan eselon II yang masih kosong, yakni Kadis Satpol PP, Kadis Kesehatan, Kadis Lingkungan Hidup, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan hukum, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM,” terangnya.

Sesuai dengan Undang-undang ASN No. 5 Tahun 2014, jelas Ia, untuk mengisi jabatan eselon II yang kosong, BKD harus melakukan seleksi jabatan secara terbuka sebagai bentuk transparan dalam mengangkat pejabat. ”Kita sangat menyayangkan, dari sekian banyak pejabat eselon IIIa, hanya ada 32 yang mengikuti Assessment. Padahal ini sudah diumumkan secara terbuka. Tidak tahu alasannya apa banyak yang tidak mendaftar. Sepertinya banyak pejabat yang tidak mau mencoba untuk bertarung,” ujarnya.

Dijelaskannya, seleksi assessment terbuka ditangani oleh Pansel tingkat Kab. Tasikmalaya, 3 orang anggota bersama tim dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung sebanyak 4 orang. Materi yang di Uji yakni Tes Intray dan LGD, Tes Wawancara serta Psikotes dengan menghadir tenaga Ahli Psikolog dan Aksesor dari Unpad. ”Seleksi ini dilaksanakan selama tiga hari, dari Jum’at sampai Minggu (07-09/04). Hasilnya akan diumumkan sekitar tanggal 21 April mendatang,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts