Kekosongan Blangko e-KTP Diperkirakan Sampai Bulan Depan

 1,473 total views

H. Jamal Malik
H. Jamal Malik

Kabupaten, Wartatasik.com – Kadisdukcapil Kab. Tasikmalaya H. Jamal Malik mengungkapkan sudah sekian lama dinasnya mengalami kekosongan blangko e-KTP. Hal tersebut, kata Ia, juga dirasakan oleh daerah-daerah lainnya bahkan di seluruh nusantara.

“Kekosongan ini terjadi dimungkinkan akibat belum selesainya proses lelang pengadaan barang di pusat. Untuk sementara ini, warga yang membuat KTP diberi surat keterangan sementara sebagai pengganti yang sama kuatnya dengan e-KTP,” paparnya, Rabu (12/08).

Ia menerangkan, keterangan pengganti tersebut mengacu terhadap Perpres No. 112 tentang perubahan ke 4 tentang penerapan KTP berbasis NIK secara nasional dan Mendagri No. 471.13/5184/SJ tertanggal 13 Desember 2012 perihal perekaman e-KTP secara regular.

“Yang isinya bahwa kepada penduduk yang telah melaksanakan perekaman KTP elektronik diserahkan surat keterangan yang berfungsi sebagai e-KTP sampai dengan yang bersangkutan menerima KTP elektronik. Mengenai blangko diperkirakan akan tersedia kembali sekitar September 2015 atau bulan depan,” tandasnya. EQI

Related posts

Leave a Comment