Ini Keluhan Pedagang Sapi Jelang Idul Adha

 4,662 total views

net
net

Nasional, Wartatasik.com – Para pedagang sapi dan kambing menghadapi beberapa kendala dalam menjalani bisnis menjelang Idul Adha tahun ini. Adalah cuaca dengan curah hujan yang tinggi dan berpengaruh terhadap kondisi hewan. “Cuman faktor hujan sih, sisanya ga ada keluhan,” ujar Larno (pedagang sapi dan kambing) di Jl. Antasari, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9).

Hal yang sama juga diakui oleh Adam. Ini disiasati dengan memberikan vitamin kepada hewan agar tidak sakit. “Karena hujan masih sering, saya jadi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli vitamin untuk diberikan kepada hewan-hewan, supaya hewannya tetap sehat,” kata Adam pada kesempatan yang sama.

Akan tetapi, seiring dengan kebutuhan yang meningkat, penjualan hewan tersebut masih cukup tinggi. Adam menuturkan pada tahun 2010, ia hanya menjual sekitar 20 ekor kambing saja, seiring jalannya waktu di tahun 2016 ini ia bisa menjual 30 ekor sapi dan 120 ekor kambing. “Alhamdulillah dari tahun ke tahun bisnis jual hewan qurban ini mengalami peningkatan, dulu di tahun 2010 saya cuman jual 20 ekor kambing. Alhamdulillah seiring jalannya waktu di tahun 2016 ini saya udah jual 30 ekor sapi dan 120 ekor kambing,” jelasnya.

Adam menuturkan, sapi dan kambing dipasok seluruhnya dari dalam negeri. Dikarenakan kualitas hewan dalam negeri memang lebih baik dibandingkan dengan impor. “Saya ambil sapi dari Jawa Tengah karena kualitasnya bagus, enggak kalah dengan sapi-sapi impor,” kata Adam.

Sumber: detik.com

Related posts