Kepala UPTD se-Kab. Ciamis Ikuti Kegiatan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

 853 total views,  2 views today

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Candra (Kanan) didampingi Kasubag. Program Muharam (Kiri) saat membuka kegiatan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan | Foto : Tantan
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Candra (Kanan) didampingi Kasubag. Program Muharam (Kiri) saat membuka kegiatan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, mengadakan Kegiatan Penerapan Sistem dan Informasi Manajemen Pendidikan Tahun 2016 di Aula Wisma PGRI, Rabu (3/7). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memahami pengelolaan website tentang keterbukaan informasi dan pengelolaan data seluruh UPTD Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Kepala Sub. Bagian Program Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Muharam A. Zajuli, S.IP.M.Si., mengatakan, para peserta yang mengikuti kegiatan itu berasal dari seluruh Kepala dan Operator UPTD Pendidikan se-Kabupaten Ciamis. “Kegiatan ini agar data dari seluruh UPTD Pendidikan tepat, cepat dan akurat yang berbasis Fakta. Jadi, kita mempunyai data tidak main-main. Kalau dulu punya kualitas data, sekarang data berdasarkan fakta,” kata Ia.

Menurutnya, Kepala UPTD Pendidikan sekarang pada prinsipnya harus mengtahui teknologi dan memahami fungsinya terutama para tenaga pendidik. “Kalau dari tenaga pendidik ada standar kompetensi. Artinya, di salah satu standar kopetensi tersebut ada salah satu pasal yang harus memahami secara fungsional alat komunikasi,” ujarnya.

Pihaknya berharap, program tersebut bisa dimanfaatkan secara utuh demi kepentingan data-data pendidikan yang bersifat posistif untuk dipublikasikan. “Setiap UPTD harus ada rasa memiliki wesite itu sendiri, dikarenakan proses data sekarang begitu banyak terutama dalam bidang prestasi dan program kerja yang merupakan salah satu alat kontrol yang sudah termasuk program kerja Bupati,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Candra, SH., menambahkan, untuk mendukung Pemda Ciamis terkait dengan penyiapan data pendidikan untuk kepentingan program statistik. ”Sehingga data yang disajikan betul-betul akurat dan bisa dalam waktu singkat bisa menyampaikan secara efektif,” ungkapnya.

Ia menerangkan, penerapan sistem dan infomasi manajemen tersebut akan mempermudah masyarakat untuk bisa memberikan inspirasi serta apresiasinya bagi pengembangan dunia pendidikan baik dari segi aspek layanan maupun mutu pendidikan. “Sehingga berangkat dari data yang bagus itu menjadi bahan kebijakan yang efektif. Intinya, kita menyajikan bahan informasi yang bisa diakses dalam waktu singkat sekaligus masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan,” tandasnya. Tantan

 

Related posts