KH. Acep Bulqini: Ada Delapan Hikmah Idul Adha

 2,497 total views

Ilustrasi/ Foto DokNet
Ilustrasi/ Foto DokNet

Kabupaten, Wartatasik.com – Idul Adha atau Idul Qurban merupakan manifestasi terhadap keimanan, kesabaran dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Demikian dikatakan Sesepuh Pondok Pesantren Sukahurip Sinagar Kec. Sukaratu Kab. Tasikmalaya KH. Acep Bulqini, Rabu (23/09).

Ia menjelaskan, ada delapan hikmah Idul Adha yakni sebagai bentuk pendidikan dan latihan beribadah selama berada di tanah suci Mekkah, peningkatan kesabaran, merasa lebih dekat dengan Allah SWT, merasa do’a lebih terkabul, perkenalan dengan manusia, meningkatkan persatuan, membina dan merasakan persamaan serta melihat berbagai manfaat untuk manusia agar banyak menyebut nama Allah SWT dalam beberapa hari yang telah ditetapkan.

“Artinya, agar manusia menyembelih hewan untuk qurban guna sebagian dagingnya dimakan oleh mereka yang hidup fakir. Hakikat Idul Adha bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup yaitu beribadah kepada Allah SWT karena manusia dan jin tidaklah diciptakan kecuali untuk beribadah,” paparnya.

Diterangkanya Ia, sebagaimana ujian Allah SWT kepada Nabi Ibrahim bahwa hikmah dari segala peristiwa qurban tidak lain untuk memperoleh ridho Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yg menjadi perintahNya. “Tidak sekedar beribadah namun kita harus ikhlas dalam menjalankan semua perintah Allah yakni merelakan sebagian harta kita yang sebetulnya milik Allah untuk orang lain dan ini menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah SWT,” pungkasnya.EQI

Related posts

Leave a Comment