Di Kota Tasik, Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Menurun

 2,390 total views

Peringatan Harganas di Gedung serba Guna Bale Kota Tasikmalaya / Seda
Peringatan Harganas di Gedung serba Guna Bale Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIII tahun 2016 tingkat Kota Tasikmalaya, dipusatkan di Gedung Serba Guna Bale Kota Tasikmalaya, Jum’at (23/12). Acara buka oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H. Idi S. Hidayat dengan dihadiri kaum ibu selaku keluarga se-Kota Tasikmalaya.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) BKBPMP3A Kota Tasikmalaya Noneng Rosmayati, sekaligus Panitia Harganas tingkat Kota Tasikmalaya mengatakan, sesuai dengan seruan Presiden RI Joko Widodo bahwa Harganas tahun 2016 jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan ketahanan keluarga Indonesia untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Peringatan Harganas, terang Ia, mengambil tema akhiri kekerasan perempuan dan anak, akhiri perdagangan anak atau trafiking, akhiri kesenjangan ekonomi pada perempuan. ”Memang kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Tasikmalaya menurun. DI tahun 2015 lalu, ada sekitar 85 kasus, dan di tahun sekarang 57 kasus,” jelas Noneng.

Ia mengungkapkan, beberapa tahun kebelakang kasus kekerasan terhadap perempuan mendominasi, namun di berdasarkan data tahun 2016 bergeser peningkatannya menjadi kekerasan terhadap anak. ”Ini ada perubahan kasus, dulu dominan kasus KDRT dan sekarang kekerasan terhadap anak,” tuturnya.

Ditambahkannya, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Daerah guna menekan kasus angka kekerasan terhadap anak. ”Hari ini kita semua harus bangun dan bekerja untuk menjaga anak agar mereka dapat terlindungi,” ucapnya. Di Hari Harganas kali ini, lanjut Ia, telah dibentuk Satgas Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

”Satgas tersebut melakukan konseling dalam bentuk pembinaan dan edukasi untuk meningkatkan ketahanan keluaraga, sehingga bentuk-bentuk kekerasan apapun terhadap anak dapat terhindari,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts