KPUD: Pemimpin Berkualitas Lahir dari Proses yang Berkualitas

 2,075 total views

Ade Kurnia | Foto : EQi
Ade Kurnia | Foto : EQi

Kota,Wartatasik.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Tasikmalaya menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Program Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di Aula KPUD, Rabu (15/6) tadi siang. Acara yang dihadiri Pimpinan Partai politik yang ada di Kota Tasikmalaya, Panwaslu dan juga undangan lainnya itu salah satunya menyikapi adanya informasi terbaru terkait dengan hasil revisi Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati.

Berkaitan dengan hal tersebut, KPUD Kota Tasikmalaya memandang perlu membangun koordinasi dengan peserta sosialisasi untuk menyamakan persepsi bahwa Pemilukada yang akan dilaksanakan oleh pihaknya berjalan sesuai dengan aturan sehingga akan menghasilkan pemimpin daerah yang berkualitas. “Pemimpin berkualitas akan lahir dari proses yang berkualitas. Proses berkualitas terlahir dari segala peraturan yang ada dipatuhi oleh pihak penyelenggara, calon dan juga tim sukses,” ujar Perwakilan KPUD Ade Kurnia kep[ada Crew Wartatasik.com sesaat sebelum sosialisasi digelar.

Ia menambahkan, dalam sosialisasi tersebut KPUD juga menginformasikan program-program yang akan dilaksanakannya seperti informasi persiapan tahapan pendaftaran calon perseorangan, menjelaskan tata cara pendaftaran dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh calon. “Ada tujuh metode kampanye yakni metode pertemuan terbatas, metode pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan APK, pemasangan iklan, debat publik dan metode lain,” paparnya.

Dari ketujuh metode tersebut, dijelaskan Ia, sebanyak tiga metode kampanye difasilitasi oleh KPU atau dibiayai APBD diantaranya pemasangan APK, penyebaran bahan dan debat publik. “Dalam revisi Undang-undang No 1 Tahun 2015 ada clausul menyebutkan bahwa ketiga metode kampanye tersebut dapat dibiayai oleh partai politik. Untuk kejelasannya lagi kita tunggu aturan selanjutnya dari KPU Provinsi dan KPU RI,” tuturnya. Mengenai pendaftaran pasangan calon, Ade mengatakan, rencananya akan dibuka dari Tanggal 19 sampai 21 September 2016. Sedangkan untuk verifikasi berkas dokumen Pasangan calon perseorangan, sambungnya lgi, akan dilaksanakan sekitar Bulan Juli-Agustus 2016.

“Incumben yang akan mencalonkan sebagai pasangan calon harus cuti selama tiga hari sejak ditetapkannya sebagai pasangan calon yaitu dari mulai Tanggal 26 Oktober 2016 sampai 11 Januari 2017. Masa kampanye dan pasangan incumben wajib mwngajukan izin cuti kepada Mendagri melalui Gubernur,” katanya. EQi

Related posts

Leave a Comment