KTP-el Berlaku Seumur Hidup

 3,994 total views

E. Sutisna | Foto : Asron
E. Sutisna | Foto : Asron

Kota, Wartatasik.com – Kabid. Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya E. Sutisna menerangkan berdasarkan ketentuan Pasal 64 ayat (7) huruf a dan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2006, yang diperkuat dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor:470/296/SJ, Tanggal 29 Januari 2016 Perihal KTP Elektronik (KTP-el) berlaku Seumur Hidup.

“Tentunya disusul dengan Surat Edaran Walikota Tasikmalaya Nomor 470/292/Disdukcapil/2016 yang menyatakan bahwa KTP-el untuk Warga Negara Indonesia masa berlaku Seumur Hidup, dan bagi yang sudah memiliki KTP Elektronik itu sebelum Undang-undang ditetapkan juga masa berlakunya sama,” paparnya kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Jum’at (20/05).

Jadi, menurut Ia, bagi warga yang sudah memiliki kartu tanda penduduk elektronik yang masa berlakunya sudah habis tetap dianggap berlaku seumur hidup. “Selama statusnya tidak berubah, tetap KTPnya masih berlaku,” katanya seraya berpesan kepada masyarakat dalam melakukan permohonan atau revisi agar dilakukan dengan sendiri tanpa mewakilkan atau menyuruh orang lain, karena ditakutkan ada biometric data atau kendala-kendala yang notabene membutuhkan data pemohon itu tersendiri. Asron/Indra

Related posts

Leave a Comment