Landasan Lanud Wiriadinata Disurvei Direktorat Jenderal Perhubungan

 1,131 total views,  2 views today

Peninjauan landasan Lanud Wiriadinata Tasikmalaya oleh Ditjen Perhubungan udara Kemendub RI / Seda

Kota, Wartatasik.com – Untuk mempercepat proses dibukanya rute penerbangan Lanud Wiriadinata menjadi Bandara Komersil, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Kamis (18/05), menyambangi Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya sekaligus melakukan survei dan verifikasi ke Landasan Lanud Wiriadinata Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Survei didampingi Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman besrta Kepala Dinas Perhubungan H. Aay Zaini Dahlan juga Danlanud Wiriadinata Letkol. PNB Cahyo. Dalam kesempatan itu, Kasubid. Pelayanan Bandara Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI Agustono mengatakan, survey dilakukan untuk melihat kondisi landasan dalam rangka verifikasi yang selanjutnya akan dilaporkan kepada atasannya.

”Rencana operasional penerbangan komersil Lanud Wiriadinata merupakan permintaan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, kita turun ke Tasikmalaya guna melihat dan mengecek sejauh mana kesiapan Lanud Wiriadinata untuk dijadikan Bandara Komersil,” ujarnya. Ia menambahkan, kesiapan Bandara harus di cek untuk pembahasan selanjutnya. ”Ini masih Lanud milik TNI AU, masih wilayahnya militer. Belum Bandar Udara. Jadi memang masih terus kita lakukan pembahasan,” ungkap Ia.

”Ini peninjauan dan verifikasi mendalam ke lapangan untuk menjadi bahan pembahasan serius di Kementerian. Layak operasi atau tidak, termasuk Kebutuhannya yang harus dilengkapi. Karena mengoperasikan Bandar Udara tidak mudah, banyak kriteria yang harus dipenuhi. Harus memenuhi kriteria safety, security and services,” terangnya.

Pihaknya berusaha untuk melakukan percepatan operasional. Maka dari itu, memohon dukungan dari kesiapan Pemerintah Daerah, TNI AU dan Ditjen Perhubungan Udara. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan H. Aay Zaini Dahlan mengungkapkan, kedatangan dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub menjadi angin segar untuk mewujudkan penerbangan komersil Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya.

”Verifikasi yang dilakukan Ditjen menjadi semangat bagi Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam mewujudkan operasional Bandara Udara Lanud Wiriadinata. Masyarakat Kota Tasik tingal menunggu waktu saja untuk menikmatinya,” singkat Aay. Kunjungan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub ke Kota Tasikmalaya tersebut bersama rombongan Direktorat Navigasi, Direktorat Angkutan, Direktorat Keamanan serta Direktorat Bandar Udara Kemenhub.

Laporan: Seda

Related posts