Maman Harap LPM Lebih Berdaya Guna dan Berhasil Capai Kemajuan Pembangunan Desa

 2,997 total views

Maman Suryaman / EQi
Maman Suryaman / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat. Desa juga merupakan wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan. LPM bertujuan membantu pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan pemerintah dan pemerataan hasil pembangunan dengan menumbuhkan prakarsa serta menggerakan swadaya gotong royong dalam pembangunan, sehingga masyarakat memiliki keuletan dan ketangguhan dalam rangka pembinaan wilayah.

Hal tersebut diatur oleh Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yang menegaskan prinsip dasar dan landasan pemikiran pengaturan mengenai desa, menyangkut Keanekaragaman, Partisipasi, Otonami Asli, Demokratisasi dan Pemberdayaan Masyarakat. Demikian diterangkan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Maman Suryaman, Jum’at (07/04).

Ia mengungkapkan, pemahaman tentang pemberdayaan masyarakat desa baik ditingkat pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten masih perlu ditingkatkan untuk dapat diaktualisasikan dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat desa, sehingga setiap unit kerja tersebut dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing masing melalui penguatan pemberdayaan berbagai program pemberdayaan masyarakat desa atau kelurahan.

Atas dasar tersebut, lanjut Ia, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya mengadakan pembinaan terhadap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis 06 April 2017 kemarin, di Gedung Putih Pendopo Lama. Acara tersebut diikuti oleh 78 orang, masing masing perwakilan LPMD 39 Orang, 39 orang Kasi PMD dari 39 Kecamatan.

“Pembinaan itu diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dalam pelaksanaan tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat agar lebih berdaya guna dan berhasil guna mencapai kemajuan pembangunan di desa,” pungkasnya.

Laporan: EQi

Related posts