Ai Usman / Seda
Ai Usman / Seda

Kota, Wartatasik.com – Kamis kemarin, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kota Tasikmalaya kedatangan Perkumpulan Ekonomi Indonesia-German (Ekonid). Organisasi tersebut merupakan perkumpulan pengusaha dengan jumlah jaringan hingga 120 negara. Kedatangannya dinilai karena tertarik dengan pengajuan kerjasama dalam bidang Pengelolaan Sampah yang diajukan Pemkot Tasikmalaya beberapa waktu lalu.

Ketiga perwakilan Ekonid itu yakni David Marioni, Edzard Ruhae, serta Arnold Steven Napitupulu. Mereka diterima langsung oleh Kepala Dinas Yono S. Karso diruang kerjanya dengan didampingi Kabid. Kebersihan Ai Usman. Saat ditemui di kantornya, Jum’at (04/11), Kabid Kebersihan mengatakan, rencananya Ekonid akan melakukan kerjasama dengan pihaknya dalam hal persampahan yang selama ini selalu menjadi kendala dalam pengelolaannya. ”Kedatangan perwakilan ekonid menjadi awal yang baik untuk menjalin kerjasama dalam pengelolaan sampah. Pertemuan kemarin baru sebatas pembahasan awal,” ungkap Ai.

Ia menambahkan, dalam pembahasan itu dirinya mengusulkan dua hal yakni urusan manajemen dan teknologi pengelolaan sampah. ”Karena dua hal itu sangat kita butuhkan dalam meningkatkan pelayanan persampahan di wilayah Kota Tasikmalaya. Kami pun berharap usulan yang diajukan bisa direalisasikan untuk dikerjasamakan,” harapnya. Ai melanjutkan, pengelolaan persampahan di TPS Ciangir sekarang ini masih sederhana belum memiliki atau dikelola secara teknologi.

”Untuk itu, kita membutuhkan sarana teknologi pengelolaan sampah yang canggih seperti inseminator, kompektor atau Buldozer agar pengelolaan bisa lebih baik juga maksimal,” terangnya. Dijelaskan Ia, konsumsi sampah di wilayah Kota Tasik cukup tinggi, dalam per harinya jumlah sampah yang diangkut ke Ciangir mencapai 150 ton, sementara sarana yang dimiliki belum mencukupi atau memadai. “Jadi, mudah-mudahan keinginan untuk kerjasama dengan Ekonid bisa direalisasikan, agar pelayanan persampahan lebih baik serta mengurangi permasalahannya,” tandas Ia.

Laporan: Seda

BAGIKAN