Massa Tolak Politik Uang dan Minta Jaga Netralitas ASN

 451 total views,  2 views today

Puluhan massa Gemas Kasih saat menggelar aksi damai di Bale Kota Tasikmalaya / Seda
Puluhan massa Gemas Kasih saat menggelar aksi damai di Bale Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Puluhan orang yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat untuk Pilkada Bersih (Gemas Kasih) Kota Tasikmalaya, Rabu (08/02), menggelar aksi damai dengan mendatangi kantor Panwaslu dan Bale Kota Tasikmalaya. Dalam aksinya, massa dari berbagai elemen mulai dari mahasiswa, komunitas motor, seniman, pemuda serta karang taruna itu meminta agar pelaksanaan Pilkada di Kota Tasikmalaya bersih dari Politik Uang (Money Politik) dan mengecam keterlibatan PNS terlibat dalam politik praktis.

”Kami menolak para cukong-cukong dan elit politik di Kota Tasikmalaya yang mau berkuasa menjadi pemimpin dengan cara-cara yang kotor, merampas sistem demokrasi dengan menggunakan kekuasan yang melakukan money politic,” ujar Korlap Aksi Fajar Purnama Sidik di lokasi aksi. Ia menegaskan, Pemilukada Kota Tasikmalaya harus diawali dengan cara-cara yang baik dan jujur agar menghasilkan pemimpin yang bersih. ”Kami tidak mau dipimpin oleh seorang pemimpin yang terpilih dari hasil pembelian suara, hasil money politic dengan cara-cara kotor yang akhirnya merugikan masyarakat Kota Tasikmalaya,” jelasnya. Pihaknya akan terus berjuang agar Pilkada berjalan dengan bersih.

”Kami menolak segala bentuk politik uang, menuntut netralitas ASN Kota Tasikmalaya harus dijunjung tinggi dan kami siap menjadi garda terdepan untuk membantu panwas dalam menindak bagi siap pun yang berbuat curang dalam Pilkada nanti,” tegas Fajar. Sementara itu, Sekretaris Daerah H.I.S Hidayat yang menerima kelompok aksi  mengatakan, Pemilukada adalah hajat rakyat yang harus dijunjung tinggi untuk memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.

”Saya menyatakan sikap dan menegaskan bahwa ASN harus tetap menjaga dan menjunjung tinggi netralitas dalam Pilkada Kota Tasikmalaya. ASN jangan terpengaruh dengan kandidat dan siapa pun. Saya bersama ASN lainnya setuju dan sepakat dengan adik-adik semua, karena saya adalah bagian dari masyarakat Kota Tasikmalaya,” ujar Sekda.

Ia menegaskan, akan menindak tegas jika ada ASN Pemkot Tasikmalaya yang terbukti mendukung kandidat dan terlibat politik praktis. ”Intinya kami selaku sekda setuju dan sepakat dengan perjuangan adik-adik semua yang menginginkan Pilkada di Kota Tasikmalaya harus bersih dan tidak ada money politiv,” tandasnya. Gerakan aksi masyarakat tersebut digelar berangkat dari temuan dan bukti adanya ASN yang telah terorganisir dan terstruktur mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan yang ikut terlibat dalam mendukung dan mengkampanyekan salah satu kandidat serta mensinyalir akan terjadi  money politik dalam pencoblosan mendatang.

Laporan: Seda

Related posts