Menhub Segera Keluarkan Izin Operasional Penerbangan Komersial

 2,952 total views

Menhub RI saat mengecel landasan penerbangan Lanud Wiriadinata Tasikmalaya tadi siang / Seda
Menhub RI saat mengecek landasan penerbangan Lanud Wiriadinata Tasikmalaya tadi siang / Seda

Kota, Wartatasik.com – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama rombongan berkunjung ke Kota Tasikmalaya, Sabtu (12/11) tadi siang. Kunjungannya itu untuk melihat sekaligus mengecek kondisi Lanud Wiriadinata menjadi Bandara Komersial. Budi datang dengan menggunakan Pesawat Kemenhub PK-CAO sekitar Pukul 14.30 WIB.

”Lanud Wiriadinata akan dijadikan Bandar Udara Komersil, untuk itu kita melakukan kunjungan guna mengetahui sekaligus mengecek kesiapannya, termasuk melihat runway. Ternyata ini sudah cocok dan memenuhi standar untuk dipakai penerbangan komersil,” ujarnya saat meninjau landasan.

Lebih lanjut Menteri mengatakan, bandara tersebut harus dikembangkan namun pihak Pemda dan Danlanud harus melengkapi persyaratannya. ”Kita melihat dilapangan, ada harapan yang harus dilakukan secara bertahap. Setelah Pemda dan Danlanud sudah melengkapi, kita akan mengeluarkan rilis untuk segera beroperasi menjadi penerbangan komersil,” ungkapnya.

Mengenai kelengkapan syarat, pihaknya sudah mengkoordinasikan kepada Plt. Walikota termasuk Danlanud untuk segera melengkapinya seperti PK PPK (Pemadam Kebakaran), X-ray dan penyusunan organisasi. ”Kita sudah diskusikan dengan Pak Plt. Dalam sebulan ini akan dilengkapi, dan kita pun sangat mendukung. Kalau satu bulan ini sudah lengkapi, izin operasi kita berikan,” jelasnya.

Menurutnya, landasan penerbangan Lanud Wiriadinata sudah cukup baik, hanya masih perlu ada yang dilengkapi termasuk panjang landasan dan saat ini pihak kementerian baru bisa memberikan izin untuk jenis Pesawat Wings Air ATR-72.

Sementara itu, Danlanud Wiriadinata Letkol. Roni Armanto mengatakan akan segera melengkapi dan memenuhi persyaratan agar bisa secepatnya digunakan untuk penerbangan komersial. “Kalau Pak Menteri sudah mengeluarkan izin operasional, Wings Air ATR-72 sudah siap beroperasi di Lanud. Harapan kita bisa secepatnya. TNI AU memberikan fasilitas, mudah-mudahan dapat disambut baik Pemda juga Kementerian,” tandasnya.

Laporan: Seda

GALERI FOTO KUNJUNGAN:

img_9803

img_9807

img_9811

img_9819

Related posts