Menpan RB: Puasa Bukan Alasan Berleha-leha

 3,130 total views

Menpan RB saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (16/06) | Foto : Seda
Menpan RB saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (16/06) | Foto : Seda

Kabupaten. Wartatasik.com – Dalam kegiatan safarinya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Yuddy Crisnandi mengunjungi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (16/06) tadi siang. Kunjungannya itu diterima langsung oleh Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum beserta para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Berkaitan dengan kunkernya tersebut Menpan sekaligus melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah instansi di wilayah Provinsi Jawa Barat yang sebelumnya telah dilakukan di Provinsi Banten. Safari Ramadhan dilaksanakan sebagai pengawasan disiplin kerja para Pegawai Negeri Sipil serta memberikan pembinaan guna peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat khususnya di bulan puasa ini yang tidak ada alasan bagi para PNS untuk berleha-leha atau tidak bersemangat dalam bekerja.

”Seiring datangnya Bulan Ramadhan, kita ummat muslim yang beriman diwajibkan untuk berpuasa. Namun, sebagai PNS yang memiliki tugas untuk mengabdi kepada masyarakat harus tetap semangat walaupun dalam keadaan berpuasa. Tidak ada alasan bagi pegawai bila dalam bekerja tidak tepat waktu dan bersantai, atasannya harus memberikan teguran,” jelasnya. Ia menerangkan, sejauh ini selama melakukan safari ramadhan masih banyak ditemukan pelayanan publik yang tidak sesuai dengan amanat UU Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

”Sebagian instansi pemerintah belum memiliki standar pelayanan. Akibatnya, berbagai mekanisme dan prosedur pelayanan, jangka waktu penyelesaian, kualitas produk layanan, biaya, sarana dan kelengkapannya, kompetensi pelaksana serta pengaduan layanan belum berjalan sebagaimana mestinya. Bila itu dibiarkan tentu masyarakat akan dirugikan,” ujarnya sembari menegaskan para pegawai negeri harus mampu meningkatkan kualitas kerjanya sehingga masyarakat bisa merasakan pelayanan yang baik dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, Safari Ramadhan Menpan akan memberikan penyegaran kepada PNS untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Dirinya menyebutkan kunjungan Menpan diawali dari daerah Kabupaten Bekasi, Kabupaten dan Kota Bogor, Tangerang Selatan, Kota dan KabupatenTangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Seda

Related posts

Leave a Comment