Di Musim Kemarau, PDAM Jamin Pasokan Air Tetap Stabil

 2,645 total views

Didin Syahidin, S.T | Foto : Seda
Didin Syahidin, S.T | Foto : Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Sebagian wilayah di Indonesia pada umumnya telah dilanda musim kemarau. Namun, di Provinsi Jawa Barat perubahan musim belum dirasakan karena sampai saat ini khususnya daerah Tasikmalaya masih kerap diguyur hujan. Kendati demikian, sebagai penyedia air bersih PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan musim tersebut agar pendistribusian layanan kepada para pelangganya tidak sampai mengalami kendala disaat memasuki musim kemarau.

Ketika dikonfirmasi, Jum’at (15/07), Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Sukapura Didin Syahidin. S.T mengatakan, persediaan air bersih di penampungan atau reservoarnya masih normal, tetap konstan dan stabil. Belum ada penurunan debit sehingga pihaknya merasa optimis dan menjamin suplai air bersih kepada para pelanggannya tidak akan terganggu atau berjalan normal jika musim kemarau tiba.

Diterangkannya, untuk menjamin tingkat pasokan air selalu terjaga PDAM merancang sistem pendistribusian air dengan sistem gilir agar pelayanannya lebih terpusat dan semua pelanggan bisa terlayani dengan baik. Selain dengan menerapkan metode tersebut, lanjut Ia, sangat diharapkan adanya kerjasama yang aktif dari masyarakat agar segera melaporkan kepada pihaknya jika ada masalah di lapangan seperti kebocoran pipa dan juga kecilnya debit air.

”Masyarakat diharapkan aktif dalam memberikan informasi kepada kita. Tujuannya, agar bisa sesegera mungkin melakukan tindakan perbaikan dan yang lainnya bila terjadi masalah atau kendala di lapangan. Sebab, masalah-masalah tersebut seperti adanya kebocoran pipa tentu akan berdampak buruk dan mengganggu pasokan air ke pelanggan,” ungkap Ia.

Didin menjelaskan, dari ribuan daftar tunggu masyarakat yang akan memasang sambungan langganan (SL) baru di PDAM, sampai akhir Bulan Juni lalu baru bisa terlayani sekitar 600 SL. Dengan demikian, pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas kondisi tersebut khususnya kepada seluruh masyarakat yang akan memasang sambungan air bersih.

“Kendalanya banyak. Khususnya dari faktor teknis seperti tidak adanya  jaringan pipa ke wilayah yang dituju, tidak mencukupinya persediaan air dan letak geografis atau kondisi wilayahnya yang sulit dijangkau. Namun, dalam hal ini kita selalu berusaha untuk melengkapi sarana demi meningkatakan pelayanan dan jangkauan PDAM kepada masyarakat,” tandasnya. Seda

 

Related posts

Leave a Comment