Musrenbang Tingkat Kota Ditutup, Pemkot Ajukan Rp 5,7 Trilyun untuk Pembangunan 2018

 603 total views,  2 views today

Musrenbang RKPD tingkat Kota Tasikmalaya / Dok
Musrenbang RKPD tingkat Kota Tasikmalaya / Dok

Kota, Wartatasik.com – Musrenbang RKPD Tingkat kota Tasikmalaya TA 2018 yang digelar dari tanggal 07 Maret 2017 lalu di Gedung Serba Guna Pemkot Tasikmalaya, akhirnya ditutup secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya H.I.S. Hidayat, Rabu (15/03).

Saat menutup acara, Sekda mengatakan, usulan dan masukan dari masyarakat atau SKPD menjadi bahan untuk dijadikan program pembangunan tahun anggaran mendatang. ”Musrenbang wadah untuk menampung berbagai usulan dan program dari semua elemen masyarakat serta SKPD yang kemudian dijadikan rumusan menjadi arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, adapun usulan dan program yang nantinya akan dilaksanakan tidak semua dapat diakomodir sebab disesuaikan dengan kemampuan anggaran. ”Semua usulan dan program yang dirumuskan akan dibahas lagi, karena pembangunan perlu disesuaikan dengan skala prioritas serta ketersediaan anggaran,” terangnya.

Sementara itu, Kasubag. Program Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya Andriana Revaldi mengungkapkan, usulan dan program yang disampaikan dalam Musrenbang akan tampung dan selanjutnya diadakan pembahasan.

“Mana-mana saja program yang masuk dalam skala prioritas. Pembangunan yang akan dititikberatkan untuk tahun 2018 mendatang masih disektor infrastruktur seperti pembangunan gedung perkantoran. Lalu, peningkatan kesehatan serta sarana pelayanan masyarakat. Ini sesuai dengan tema, peningkatan daya saing dan pemerataan pembangunan serta pengurangan kemiskinan,” paparnya.

Untuk melaksanakan program yang telah dimasukkan dalam rencana prioritas program, menurutnya, dibutuhkan dukungan anggaran. ” Pemkot Tasik mengajukan anggaran kurang lebih Rp. 5,7 trilyun, guna mewujudkan usulan dan program dari hasil Musrenbang ini dan usulan anggaran tersebut dapat bersumber dari APBN, Bantuan Provinsi serta APBD Kota Tasikmalaya,” tandasnya.

Laporan: Seda

 

Related posts