Nana: Darah Bisa Gratis Pakai Jaminan Kesehatan

 2,370 total views

Asisten Daerah II Kota Tasikmalaya H. Nana Rosadie.
Ketua PMI Kota Tasikmalaya H. Nana Rosadie./Dok

Kota, Wartatasik.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya H. Nana Rosadi mengungkapkan, sampai sekarang ini persediaan atau stok darah untuk kebutuhan masyarakat masih jauh dari ideal. Ia mengatakan, stok darah yang diperlukan oleh organisasinya sebanyak 1.800 labu dalam kurun waktu tertentu.

“Sebetulnya jumlah stok yang dibutuhkan secara idealnya ya seperti itu. Hanya saja hingga saat ini kita masih banyak menghadapi kendala diantaranya belum memiliki Unit Donor Darah (UDD) khusus kota dan perlu tingginya kesadaran masyarakat dalam melakukan donor darah,” paparnya, Jumat (29/05).

Disinggung prosedur yang harus ditempuh bagi masyarakat yang membutuhkan darah, Ia menegaskan, setiap warga yang memerlukannya wajib membayar biaya sebesar 360 ribu rupiah. Itu, katanya, berdasarkan ketentuan yang ada dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

“Kecuali bagi masyarakat yang sudah memiliki jaminan kesehatan tentunya bisa gratis. Jadi, jika ada warga yang membutuhkan tinggal datang saja langsung ke PMI kota di Jl. Laswi namun tentunya harus mengikuti prosedur atau ketentuan yang berlaku,” tandas pria yang menjabat Asisten Daerah II itu. Indra

Related posts

Leave a Comment