Napak Jagat Pasundan, Tumbuhkan Semangat Budayawan

 4,057 total views

Gelar Seni Tradisional dalam acara Napak Jagat Pasundan | Seda
Gelar Seni Tradisional dalam acara Napak Jagat Pasundan | Seda

Kota, Wartatasik.com – Konser musik mengangkat tema Napak Jagat Pasundan digelar di Lapangan Upacara Dadaha Kota Tasikmalaya, Sabtu (29/10) malam ini. Pentas hiburan tersebut bertujuan untuk melestarikan dan mengangkat kembali budaya-budaya Sunda yang ada di Tatar Pasundan. Saat ditemui di lokasi, Ketua Penyelenggara Sigit Pratono mengatakan, kegiatannya untuk membangkitkan kembali masyarakat di Tatar Pasundan tentang kecintaannya terhadap budaya daerah.

Sigit Pratono
Sigit Pratono

“Kegiatan kita dikemas dalam bentuk budaya untuk memberikan ciri khas sebagai budaya Sunda di Tatar Pasundan,” ungkapnya. Pentas seni budaya, lanjut Ia, juga merupakan rangkaian dari Milangkala Kota Tasikmalaya ke-15 yang sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan Pemkot dalam menyukseskan kegiatan Konferensi TIEC di Hotel Santika beberapa waktu lalu.

Diterangkannya, dalam pentas hiburan itu ditampilkan berbagai seni budaya seperti kesenian tradisional, Jempenan dari Cineam, cerita tentang budaya Sunda, bobodoran oleh Umar Kadarisman Sunandar. ” Ini dimaksudkan menggali potensi-potensi kesenian dari daerah untuk diangkat dan dikembangkan di kota-kota besar,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan yang digelarnya itu dapat menumbuhkembangkan rasa cita dalam menjaga serta melestarikan budaya di Tatar Pasundan. Pentas dihadiri sekaliguas dibuka oleh Sekretaris Daerah H.I.S Hidayat. Dalam kesempatan itu, Sekda menyampaikan bahwa kegiatan dapat menumbuhkan semangat para seniman dan budayawan untuk selalu berkarya dalam memajukan seni tradisional.

“Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi terutama bagi pihak sponsor yang telah mendukung penyelengaraan acara ini. Diharapkan kegiatan-kegiatan semacam ini bisa terus digelar agar budaya seni terus maju dan berkembang,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts