OJK Tasik Optimis Sektor Ekonomi Bakal Tumbuh Baik

 1,953 total views

Iwan M. Ridwan / Seda
Iwan M. Ridwan / Seda

Kota, Wartatasik.com – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya mengadakan pertemuan dengan berbagai lembaga keuangan, jasa keuangan serta jasa pembiayaan di Hotel Santika, Rabu (01/02). Acara tersebut dihadiri Kepala OJK Regional II Jawa Barat Sarwono, Pemerintahan Daerah di wilayah Priangan Timur, serta seluruh lembaga jasa keuangan, instansi terkait dan unsur muspida.

Kepala OJK Tasikmalaya Iwan M. Ridwan mengatakan, selain sebagai wadah silaturahmi, pertemuan dilakukan untuk merumuskan program-program kerja OJK Tasikmalaya dengan lembaga dan industri jasa keuangan di wilayah Priatim tahun 2017. ”Pertemuan dengan tema menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan membangun optimisme untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Ia.

Dalam forum tersebut, tuturnya, ada dua hal utama yang dirumuskan yaitu bagaimana peran jasa keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat dan mendorong pendapatan yang lebih merata serta bagaimana kontribusi jasa keuangan dilakukan dengan tetap memperhatikan ketahanan dan stabilitas sistem keuangan.

Ditambahkannya, OJK Tasikmalaya terus melakukan program dan bekerjasama dengan pemerintah daerah serta industri jasa keuangan lainnya guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tasikmalaya. ”Kami sangat optimis pertumbuhan ekonomi di wilayah Tasikmalaya akan mengalami pertumbuhan yang cukup baik,” tegasnya.

Di tahun 2017 ini, jelas Iwan, OJK mengeluarkan beberapa kebijakan untuk menjaga stabilitas keuangan diantaranya penguatan pengawasan terintegrasi, penyempurnaan pengaturan managemen risiko serta peningkatan kapasitas industri jasa keuangan nasional.

”Berdasarkan Survei Nasional, Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan di tahun 2016, indeksnya meningkat. Dari 21,8 persen di tahun 2013 meningkat menjadi 29,7 persen di tahun 2016 lalu. Sedangkan, indeks Inklusi keuangan juga mengalami peningkatan, dari 59,7 persen naik menjadi 67,8 persen. Namun, kita tetap meningkatkan kinerja melalui pendampingan, sosialisasi dan edukasi untuk mencapai target 75 persen di tahun 2019 mendatang,” imbuhnya.

Iwan menuturkan, kinerja jasa keuangan khususnya Perbankan di wilayah kerjanya yang meliputi Priangan Timur, secara umum menunjukan peningkatan yang positif. ”Jumlah aset Perbankan tumbuh di atas 10 persen, dan kredit tumbuh hingga mencapai 19,32 persen. Ini didorong produk-produk Perbankan sudah banyak diakses masyarakat, seperti halnya program Laku Pandai dan Simpanan Pelajar (Simpel) yang telah dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat,” ucap Ia.

Untuk itu, sembung Iwan, OJK terus mendorong Perbankan agar selalu aktif menyalurkan kredit ke sektor-sektor produktif, serta menggali potensi penyaluran kredit ke berbagai daerah yang berpotensi namun akses keuangannya masih terbatas.

Laporan: Seda

Related posts