Untuk Optimalisasi Informasi, KIM Kota Tasik Bentuk Grup di WA

 5,561 total views

Aris Wanrisna | foto: Indra
Aris Wanrisna | foto: Indra

Kota,  Wartatasik.com – Sekitar pertengahan bulan Desember 2016 kemarin,  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  Kota Tasikmalaya memanfaatkan era teknologi IT yakni membentuk grup di Salah-satu jejaring sosial Whatsapps atau sering disebut WA. Hal tersebut diungkapkan Pembina Teknis KIM Diskominfo Kota Tasikmalaya Aris Wanrisna.

Ia mengatakan maksud dan tujuannya membentuk grup FK KIM Kota Tasikmalaya di media sosial tersebut antara lain untuk Optimalisasi Informasi agar segala informasi dari anggota atau pengurus KIM setiap kelurahan bisa tepat sasaran,  juga dapat di respon langsung oleh instansi terkait. “Ini sangat baik ketika informasi di grup tersebut dengan up to sate nya informasi dilingkungannya masing-masing bisa tersampaikan terlebih di respon langsung oleh dinas terkait.  Karena Insyaallah nanti akan ditambahkan anggota grup tersebut dari kalangan pejabat atau birokrasi seluruh instansi se-Kota Tasikmalaya,” papar Ia,  Selasa (17/01).

Aris menambahkan,  pembentukan grup di WA tersebut setelah adanya studi banding ke Kota Bandung,  dimana KIM disana sudah lama membentuk grup di WA dan pelaksanaan informasi nya pun sukses berjalan, “Anggota dari grup WA nya itu terdiri dari selain anggota KIM sendiri,  masyarakat umum juga pejabat hingga walikota Bandung pun bergabung di medsos itu,” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, dasar hukum keberadaan KIM seperti Permenkominfo No.17/P./M.KOMINFO/03/2009 tentang Desiminasi Informasi Nasional oleh Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota, Permenkominfo No.08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pengembangan Lembaga Komunikasi Sosial dan Permenkominfo No.22/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kominfo di Kabupaten/Kota, “Mudah-mudahan dengan adanya grup WA FK KIM Kota Tasikmalaya, pelayanan informasi masyarakat bisa tepat sasaran dan dijadikan informasi baik bagi Pemkot Tasikmalaya melalui Instansi-instansi terkaitnya,” pungkasnya.

Laporan: Asron

Related posts