Optimalkan Pelayanan, Pemkot Target Satu Puskesmas Dua Unit Mobil Operasional

 2,783 total views

H. Cecep Zainal Kholis | Foto : Indra
H. Cecep Zainal Kholis | Foto : Indra

Kota, Wartatasik.com – Dalam rangka meningkatkan standarisasi pelayanan di bidang kesehatan, Pemkot Tasikmalaya dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menargetkan pengadaan sarana dua unit mobil pelayanan di 21 Puskesmas se-Kota hingga Tahun 2019 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan H. Cecep Zainal Kholis menyatakan dasar penyediaan kendaraan untuk Pusat Kesehatan Masyarakat itu berdasarkan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014. “Dua unit kendaraan itu dimaksudkan untuk mobil operasional atau ambulans untuk mengangkut orang yang sakit, juga mobil Kesling atau Kesehatan Keliling,” paparnya kepada Crew Media Online Wartatasik.com diruang kerjanya, Senin (11/01)

Ia menerangkan, saat ini sudah ada empat Puskesmas yang sudah memiliki dua unit kendaraan yakni Puskesmas Purbaratu, Urug, Bungursari dan Kahuripan, “Pemberiannya nanti bertahap, hingga waktu yang sudah ditargetkan. Adapun sumber dananya dari DAK. Kisaran anggaran untuk per satu unit mobil bermerk Suzuki APV mencapai Rp. 200 juta lebih,” jelasnya.

Cecep mengatakan, pihaknya sudah menerima unit kendaraan yang sudah lengkap berbagai peralatan sebagaimana mobil ambulans. “Mudah-mudahan dengan pemberian dua unit kendaraan untuk semua Puskesmas yang ada di Kota Tasikmalaya, penanganan dan juga pelayanan kesehatan bisa lebih optimal,” pungkasnya. Asron/Indra

Related posts

Leave a Comment