P2WKSS Tingkatkan Ekonomi Warga Gunung Cihcir

 891 total views,  3 views today

Kegiatan penerimaan tim recheking P2WKSS di Gunung Cihcir Kel. Sukajaya Kec. Bungursari Kota Tasikmalaya / Sopyan

Kota, Wartatasik.com – Dari sejak pencanangan program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Barat pada bulan Mei 2017 lalu, perekonomian serta kesejahteraan masyarakat di RW 05 Gunung Cihcir Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, mulai meningkat. Peningkatan tersebut dilihat dari segi perubahan kultur dan keadaan fisik daerah. Demikian dikatakan Lurah Sukajaya, Udin, Selasa (12/12/2017).

“Ada peningkatan, seperti yang kita lihat sekarang. Setiap rumah ada wc pribadinya. Kita juga punya MCK umum. Dari segi ekonomi, karena di sini tujuannya untuk memberdayakan perempuan, jadi setiap rumah kita adakan tanaman yang bermanfaat. Misal, sayuran dan buah-buahan. Sehingga ketika ingin membuat sambal, cabe rawitnya tinggal memetik. Hal seperti itu bisa memangkas biaya pengeluaran suami,” ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya mengharapkan, P2WKSS semakin memacu semangat warganya untuk lebih giat berusaha mandiri dan juga bisa berlanjut meski programnya sudah selesai. “Karena program ini hanya setahun sekali diadakan dan untuk tahun depan kita tidak mungkin dapat lagi. Meskipun demikian akan kami usahakan kegiatan terus berlanjut. Karena itu harapan besar kami,” tambah Udin.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Jabar Bondan S menerangkan, program P2WKSS merupakan salah satu program untuk mengentaskan kemiskinan di Jawa Barat. “Ini termasuk program dimana yang tadinya desa tertinggal kini menjadi desa maju, yang diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan di Jabar. Dan juga mudah-mudahan program ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan,” singkat Bondan. Sopyan

Related posts