Panen Raya Pepaya Calina di Kec. Cikalong

 2,033 total views

panen

Kabupaten, Wartasik.com – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Panen Raya Pepaya Calina di Desa Cimanuk Kec. Cikalong, Selasa (16/12), Dihadapan ratusan petani se-Priangan Timur Ia mengatakan, komoditas pepaya sudah banyak dibudidayakan para petani di Kab. Tasikmalaya karena buah tersebut merupakan sumber gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh juga sebagai sumber pendapatan petani dan daerah.

Uu juga menambahkan pengembangan pepaya calina tersebar di Kec. Cikalong, Cipatujah, Culamega, Cibalong, Cineam, Manonjaya, Tanjungjaya dan Karangjaya sehingga pencapaian produksi pepaya di Kab. Tasikmalaya dari tahun ke tahun cukup menggembirakan. “Sejak tahun 2013 lalu luas tanaman pepaya mencapai 57 Ha dengan produksi yang dihasilkan 4.824 ton serta produktivitas  rata-rata 346,74 KW/HA.

Keberhasilan bududaya pepaya calina menurutnya menciptakan pelaku dinamis para petani serta memberikan multi player effect yang signifikan terhadap keberhasilan pembangunan pertanian di kabupaten. Untuk itu, kata Ia, sangat perlu untuk terus dilanjutkan sesuai dengan program gerakan membangun desa (Gerbang Desa) dan sejalan dengan visi misi Kabupaten Tasikmalaya yang religius Islami, mandiri, unggul di bidang agribisnis dan berbasis perdesaan.

Sementara, Kapolres Tasikmalaya AKBP. Widjanarko menjelaskan program pembinaan terhadap petani pepaya di wilayah Kab. Tasikmalaya dilakukan dibebrapa tempat antara lain di  Kec. Tanjungjaya, Salawu, Puspahiang, Jatiwaras, Cibalong, Parungponteng, Bojongasih, Cipatujah, Culamega, dan Cikalong. “Perkembangan pertanian pepaya di tengah masyarakat sangat positif bahkan dijadikannya sebagai mata pencaharian pokoknya,” ujarnya.

Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Mochammad Iriawan  memberikan apresiasi yang tinggi kepada Polres Tasikmalaya yang telah memberikan sumbangsihnya dalam memajukan sektor petekonomian masyarakat. Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat terus ditingkatkan karena di samping membantu perekonomian juga akan berperan dalam meminimalisir penyakit sosial masyarakat yang diakibatkan oleh pengangguran. Asron/Hms

Related posts

Leave a Comment