Panitia Pilkades Dilarang Minta Biaya ke Calon Kades dan Masyarakat

 750 total views,  1 views today

H. Wawan R Effendi / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Kepala Dinas DPMDPAKB H. Wawan R Effendi menegaskan, tahapan Pilkades Serentak 2017 di Kab. Tasikmalaya sudah dimulai. Tahap pertama, pihaknya sudah mengintruksikan kepada desa yang akan melaksanakan pemilihan untuk mendata pemilih sementara atau DPS sampai dengan tanggal 25 September.

Lalu tahap kedua, tanggal 26, 27, 28 Sepetember akan mengadakan Bimtek tiga angkatan. Sebagai leading sektor pihaknya akan mengundang dan memberikan pembinaan kepada para Panitia Pilkades, mulai unsur kecamatan dan TNI/POLRI dengan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri.

[sc name=”iklanadsense2″]

“Itu dimaksudkan agar dalam pelaksanaan Pilkades nanti tidak terjadi persoalan. Terkait pembiayaan, pemerintah akan memberikan dana kepada panitia untuk melengkapi keperluan proses Pilkades,” katanya, Kamis (14/09/2017).

Pilkades serentak kali ini, lanjut Wawan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2107, tentang perubahan atas Permendagri No 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, bahwa pelaksanaan Pikades bisa dikuasakan kepada pemerintah desa setempat atau kepada panitia Pilkades.

Recananya, Pilkades sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 15 Nopember 2017. “Panitia tidak boleh memungut biaya kepada Calon Pendaftar kepala desa dan tidak boleh meminta kepada msayarakat,” pungkasnya. EQi

Related posts