Pansus Kecewa, Walikota dan Jajaran Tak Hadiri Paripurna

 904 total views

Suasana rapat paripurna di gedung DPRD Kota Tasikmalaya, tadi siang / Seda
Suasana rapat paripurna di gedung DPRD Kota Tasikmalaya, tadi siang / Seda

Kota, Wartatasik.com – Ketidakhadiran Walikota dan beberapa Kepala Dinas serta Kepala Kecamatan atau Camat di Lingkungan Pemerintahan Kota Tasikmalaya dalam agenda Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan Ke III Tahun Sidang 2016-2017 dan Persetujuan Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Walikota Tahun 2016,  Selasa (25/04), membuat Sekretaris Pansus LKPJ Walikota Dede.S.,Ip merasa kecewa.

Ditemui usai Paripurna, Dede mengatakan, dengan kondisi demikian dirinya merasa tidak dihargai sekaligus turut menyesalkan. Berdasarkan aturan, tegas Ia, kepala daerah harus menghadiri rapat paripurna dalam persetujuan rekomendasi DPRD, termasuk kepala dinas dan camat. ” PP nomor 3 tahun 2007 menyebutkan bahwa rekomendasi DPRD atas laporan LKPJ Walikota itu berupa cacatan strategis yang berisikan saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan,” jelasnya.

Dengan ketidakhadiran Walikota dan para kepala OPD, tutur Dede, dikhawatirkan ruh atau semangat pansus DPRD guna memberikan catatan-catatan strategis, saran dan masukan tidak sampai kepada kepala daerah. Padahal, DPRD sudah bersemangat memberikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan bersama. Menurutnya, ketidakhadiran tersebut tidak mencerminkan semangat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

”Paripurna sekarang ini, sangat penting dan strategis. Karena kita memberikan masukan dan saran kepada kepala daerah agar menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pemerintahan kedepan demi kepentingan masyarakat Kota Tasikmalaya, termasuk juga banyaknya anggota dewan yang tidak hadir. Kami Pansus DPRD sungguh sangat menyesalkan dan mengecewakan,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H. Agus Wahyudin mengakui bahwa banyak anggotanya yang tidak menghadiri rapat tersebut. ”Baru kali ini banyak anggota kita tidak hadir dalam rapat peripurna,” ujar Agus. Ia menjelasakan, ketidakhadiran itu dikarenakan padatnya agenda-agenda partai yang sedang dilaksanakan di berbagai daerah.

“Secara pribadi memang saya sangat menyesalkan dan menyayangkan. Saya imbau kepada semua angora dewan kalau tidak ada keperluan yang sangat urgent atau mendesak wajib menghadiri setiap digelar rapat paripurna,” tegasnya.

Laporan: Seda

Related posts