Panwas Kota Gelar Rakor Antisipasi Pelanggaran di TPS

 1,164 total views

Suasana rakor yang digelar Panwas Kota Tasikmalaya / Seda
Suasana rakor yang digelar Panwas Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Untuk mengantisipasi berbagai bentuk-bentuk kerawanan, di TPS pada pelaksanaan pencoblosan 15 februari mendatang, Panwaslu Kota Tasikmalaya menggelar Rapat Koordinasi bersama para Panwascam se-Kota Tasikmalaya di Kantor Panwaslu, Kamis (12/01). Rapat dihadiri Kepala Kantor Kesbangpol Kota Tasikmalaya H. Deni Diyana, Ketua KPU Cholis Mukhlis.

Ketua Panwaslu Kota Tasikmalaya Ede Supriadi mengatakan, dalam rakornya itu dibahas segala bentuk kerawanan yang bisa terjadi di TPS ketika pelaksanaan pencoblosan. “Panwas bersama Panwascam serta PPL harus bersinergi guna mengantisipasi terjadinya kecurangan atau kerawanan di masing-masing TPS,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kerawanan yang akan terjadi di TPS dapat menimbulkan pemilu tidak berjalan secara fair serta menghambat jalannya sistem demokrasi. ”Penyelenggara beserta pengawas pemilu harus benar-benar bekerja keras guna kelancaran proses pencoblosan di TPS, untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan agar pilkada berjalan lancar dan sesuai harapan,”ujar Ede.

Diterangkannya, kerawanan yang akan terjadi seperti dari aspek ketersediaan logistik, aspek akurasi data pemilih dan pengguna hak pilih, dari pembagian uang atau materi (money politik), keterlibatan penyelenggara negara dalam hal ini PNS, dari kepatuhan prosedur mulai dari pemungutan sampai penghitungan suara.

”Indikator-indikator tersebut kita identifikasi dari kejadian-kejadian pemilu sebelumnya, sehingga Panwaslu, Panwascam serta PPL kemudian menyusun strategi untuk mencegah terjadinya kerawanan itu dan ini merupakan bentuk kewaspadaan Panwaslu,” tegas Ia.

Ede menyebutkan, dari sekian banyak TPS pada pelaksanaan pilkada nanti tidak semuanya masuk zona rawan pemilu. Namun, pihaknya akan tetap bersinergi dengan semua pihak untuk melakukan antisipasi terjadinya kerawanan-kerawanan  tersebut.

Laporan: Seda

Related posts