Panwaslu Temukan Sejumlah Pelanggaran Administrasi

 1,718 total views

Ede Supriadi / Indra
Ede Supriadi / Indra

Kota, Wartatasik.com – Usai melaksanakan pengawasan tahapan pemunguntan suara ke 1120 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (15/02),  Panwaslu Kota Tasikmalaya menyatakan secara umum berlangsung lancar. Namun, ada beberapa pelanggaran yang berifat adminitrasi diantaranya terjadi di wilayah Kec. Cipedes ketika petugas TPS mendatangi pemilih atau orang sakit tidak membawa kota suara.

Demikian disebutkan Ketua Panwaslu Kota Tasikmalaya Ede Supriadi dalam keterangan persnya, tadi siang. Selain itu, lanjut Edes, ada fenomena surat suara yang tidak ditanda tangani oleh petugas KPPS di wilayah Kec. Indihiang sehingga indikasinya menjadi surat suara yang tidak sah.

“Kemudian, ada peristiwa salah kamar akibat lokasi TPS yang sangat berdekatan di sekolah dimana si pemilih yang mencoblos di TPS yang salah atau tertukar tempat. Itu di TPS 31 dan 32 Kec. Cipedes. Indikasinya sama jadi surat suara tidak sah. Ini berarti kesalahannya petugas KPPS kurang bisa mensosialisasikan atau mengarahkan pemilih terdaftar di DPT mana,” ujarnya.

Pihaknya memastikan ketiga pelanggaran administrasi tersebut bisa diselesaikan. “Kami hanya menerima laporan itu. Sejauh ini situasinya masih kondusif dan diharapkan tidak ada permasalahan lagi kedepan,” tandas Edes.

Laporan: Indra/Asron

Related posts